Faktor Yang Membentuk Harga Jual

image

Harga jual produk merupakan hal yang penting bagi sebuah perusahaan termasuk perusahaan ritel. Dalam penentapan harga harus benar-benar dihitung dan seimbang untuk kebutuhan konsumen. Selain itu, harga jual juga menjadi alat persaingan dengan kompetitor kita.

Harga jual sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi para konsumen dalam keputusannya untuk membeli suatu produk. Para konsumen pasti akan lebih memilih produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Ingat, harga adalah hal yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat menentukan harga jual produknya dengan tepat, salah dalam penentuan harga maka akan mempengaruhi kondisi perusahaan di masa datang.

Berikut faktor-faktor yang menentukan harga jual suatu produk yaitu:

Segmentasi Konsumen

Tentukan segmen konsumen yang jadi pelanggan kita. Kelas menengah ke bawah maupun ke atas. Diusahakan agar harga jual yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke bawah dan menengah ke atas agar terjadi keseimbangan.

Harga Kompetitor

Sebelum menetapkan harga jual produk, ada baiknya survey produk dari kompetitor kita. Setelah mengetahui harga jual rata-rata para pesaing tersebut, penjual bisa menentukan harga jual produk yang sama dengan para pesaing atau harga jual produk yang lebih tinggi sedikit namun mengandalkan kualitas yang lebih baik.

Biaya produksi

Biaya yang dikeluarkan pada saat produk masih dalam tahap produksi. Biaya produksi meliputi biaya bahan baku produk, biaya tenaga kerja langsung, dan sebagainya.

Biaya pemasaran

Biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan atau mempromosikan produk baru sebuah perusahaan.

Biaya distribusi

Merupakan biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman produk dari gudang atau produsen ke toko.

Keuntungan dari penjualan produk

Selain itu, ada komponen persentase keuntungan atau laba yang ingin didapatkan atas penjualan produk juga menjadi faktor penting di dalam menentukan harga jual produk hasil produksi. Perhitungan keuntungan yang akan diperoleh harus bisa menjadi profit tersendiri bagi perusahaan agar tetap dapat mengembangkan usahanya.

Baca Juga : Strategic Planning Dengan Sistem ERP

turboly.com