Keterampilan Ritel Yang Harus Dimiliki Sales Person - Part 3

image

Ketrampilan yang dimiliki seorang sales person akan sangat mempengaruhi kinerja dan pencapaian mereka di perusahaan. Ketrampilan seorang sales person dapat muncul secara alami namun juga bisa didapatkan dengan latihan dan bimbingan secara konsisten. Berikut adalah bagian terakhir dari ketrampilan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang tenaga penjualan :

1. Keahlian industri

Era digital saat ini memungkinkan pembeli memiliki banyak informasi yang sangat baik, terkadang pembeli memiliki pengetahuan yang lebih baik dibandingkan dengan seorang sales person. Jadi, seorang sales person tidak cukup lagi memiliki pengetahuan produk dasar. Cara terbaik untuk mengetahui perkembangan industri adalah dengan melakukan mengirim mereka untuk datang di acara seminar, pameran dagang atau training yang diadakan oleh principal, dsb.

2. Keterampilan berkomunikasi

Sales Person perlu kepercayaan diri saat menyapa pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, menjelaskan kepada pelanggan mengapa salah satu produk menjadi solusi bagi kebutuhan mereka. Bagaimana caranya untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka? Berikan memberikan contoh/ template/ panduan untuk apa mereka harus katakan untuk memulai. Gunakan skenario positif dan negatif yang sebenarnya terjadi di toko untuk membantu karyawan belajar dari kesalahan atau kesuksesan nyata.

3. Keterampilan penjualan / layanan pelanggan

Ketrampilan ini adalah gabungan dari dua rangkaian keterampilan menjual dan melayani pelanggan. Sales person yang baik perlu mengetahui cara bekerja melalui berbagai tahapan. Bagaimana mereka menyapa, menggali kebutuhan, memberikan solusi dan menciptakan penjualan.

4. Keterampilan teknologi

Mampu memahami teknologi seperti Sistem Point of Sales (POS) Retail adalah keterampilan penting lainnya. Tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi ritel dapat mengakibatkan kesalahan dan inefisiensi yang akan mengurangi kepuasan pelanggan.

5. Kemampuan untuk menjadi brand ambassador

Ketika media sosial dan pemasaran online menjadi populer, seorang sales person mungkin perlu bertindak sebagai “duta” yang mendukung dan membantu promosi di media sosial. Retailer yang berpikiran maju dan terbuka bisa mulai menggandeng para sales person untuk melakukan hal ini yang tentunya disertai dengan reward jika promo yang mereka lakukan berhasil.

Kesimpulan

Ada banyak sales person yang hebat di luar sana. Namun, seorang tenaga penjualan / sales person yang baik dapat dibuat dengan latihan dan bimbingan secara konsisten dari manager atau pemiliki perusahaan.

Baca juga :MENGKONVERSI SALES RETURN MENJADI OMZET

turboly.com