Cara memutuskan promosi yang tepat

image

Dalam industri ritel berbagai jenis promosi penjualan biasa kita tawarkan kepada customer dengan tujuan untuk mendongkrak penjualan. Namun, sebelum kita menentukan promosi apa yang akan kita terapkan, ada baiknya kita memahami langkah-langkah berikut :

Tentukan tujuan yang jelas

Pertanyaan pertama yang harus kita jawab saat akan menentukan promosi adalah bukanlah “Jenis promo apa yang harus kita tawarkan?” tapi sebaliknya, seharusnya, “Apa yang ingin kita capai?”

Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan. Apakah kita ingin menarik perhatian pengunjung yang “window shopping”? Coba menawarkan produk baru? Atau menghabiskan stok lama? Jawabannya akan membantu dalam memutuskan promosi yang tepat.

Jika kita ingin menarik orang datang ke tokomisalnya, maka perlu diskon dan display produk yang eye-catching yang bisa menarik orang masuk. Di sisi lain, jika tujuan kita adalah menghabiskan stok, maka bisa dicoba skema diskon Buy on Get One atau produk bundling agar perputaran barangnya cepat sesuai harapan.

Trial & Error

Cara lain untuk mengetahui promo mana yang terbaik? Uji berbagai jenis untuk melihat apa yang paling cocok untuk toko dan pelanggan kita. Itulah yang dilakukan dilakukan retailer besar yang tidak ragu mencoba beberapa skenario promosi dan secara reguler akan menganalisa hasilnya apakah efektif atau tidak. Dari proses itu akan diketahui promosi mana yang bisa kita aplikasikan.

Dalam hasil trial and error ini terkadang kita mendapatkan hasil yang diluar dugaan, misalnya ketika kita berfikir bahwa pelanggan akan tertarik dengan promosi gratis ongkos kirim tapi pada kenyataannya promosi harga terendah bisa lebih produktif, meskipun secara total yang dibayarkan pelanggan ditambah ongkos kirim sama dengan promosi gratis ongkos kirim. Oleh karena itu, banyaknya hal-hal yang tidak dapat kita prediksi mengharuskan kita pintar mencari strategi dan tidak takut untuk melakukan percobaan.

Berikan Batasan

Secara umum, promosi menyeluruh yang mudah dipahami (misalnya : Diskon 50% di semua outlet) jauh lebih menarik. Namun, jangan lupa untuk melindungi keuntungan kita atau ingin menghindari pihak lain mengambil keuntungan dari promosi yang kita lakukan. Jadi, ada baiknya kita bisa menetapkan batasan misalnya :

  • Promosi berdasarkan Tipe Produk dan Merk, dimana promo ini hanya berlaku untuk produk tipe tertentu dan merk tertentu.
  • Promosi berdasarkan total pembelanjaan, promosi ini akan aktif jika pelanggan membelanjakan uangnya dalam jumlah batas tertentu.
  • Promosi membership, promosi penawaran yang hanya untuk pelanggan loyal yang sudah menjadi member di toko kita.

Hal diatas bisa mulai secara disiplin kita terapkan jika kita ingin menemukan promosi atau diskon mana yang bisa efektif dan meningkatkan keuntungan. Dalam proses menentukan promosi, tentunya kita perlu bantuan Point of Sale/ POS Software Online. Banyak keuntungan menggunakan POS Software Online antara lain bisa melakukan setup promosi/ diskon dimana saja, banyak memiliki fitur promosi dengan batasan atau skema yang kita inginkan, memberikan laporan mengenai produktifitas promosi yang sedang berjalan atau sudah selesai. Dapatkan informasi lengkap mengenai POS Software Online dengan mengunjungi website kami.

Baca juga : STRATEGI MENINGKATKAN PROFIT MELALUI VOUCHER

turboly.com