Faktor Keputusan Pembelian Customer

image

Dalam memilih retail store, pembeli atau konsumen mempertimbangkan banyak hal diantaranya adalah faktor yang berhubungan dengan kebutuhan ekonominya dan kebutuhan emosional (seperti gengsi). Untuk lebih lengkapnya mengenai faktor-faktor ekonomi yang relevan dalam memilih retail store, simak faktor-faktor berikut ini:

  • Harga. Terdapat retail store yang memasang harga mati seperti misalnya supermarket dan departement store. Serta ada pula yang menetapkan harga fleksibel atau dapat ditawar (seperti discount store).
  • Kualitas produk yang ditawarkan.
  • Nilai yang ditawarkan, yakni perbedaan total customer value dan total customer cost. Yang dimaksud dengan total customer value ialah sekumpulan manfaat yang diharapkan oleh konsumen dari produk dan jasa, yang meliputi product value (misalnya daya tahan atau keawetan, keandalan, dll), service value (penyerahan barang, perawatan, instalasi, pelatihan, reparasi), personnel value (dapat dipercaya, kompeten, empati, responsif), dan image value (citra perusahaan). Sedangkan yang dimaksud dengan total customer cost terdiri atas harga yang dibayarkan, biaya tenaga, biaya waktu, dan biaya pshikis.
  • Kemudahan. Seperti misalnya kemudahan parkir, mudah mencari barang yang diinginkan (meliputi proses menemukan, membandingkan, dan kemudian memilih), bisa cepat pergi setelah membayar.
  • Bantuan staff penjualan. Apakah harus swalayan, membantu secara aktif atau membantu secara pasif.
  • Reputasi kejujuran dan kewajaran dalam jual beli
  • Jasa-jasa khusus yang ditawarkan, seperti pembelian kredit, pengiriman barang gratis, dan bisa mengembalikan atau menukar barang yang sudah dibeli.

Mengingat customer adalah bagian penting dari bisnis apapun, ada baiknya jika kita mulai untuk mengelola data customer dengan baik dengan bantuan Software POS. Berikan perhatian kepada mereka dan mereka akan selalu ingat dengan bisnis kita.

Baca juga : MANFAAT SEGMENTASI PELANGGAN DI TOKO ANDA

turboly.com