6 Tips Negosiasi Dengan Supplier

image

Negosiasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi pengeluaran perusahaan khususnya bagi perusahaan retail. Selain untuk mendapatkan aliran produk dengan lancar, ada manfaat lain yaitu kita bisa merealisasikan lebih banyak keuntungan dalam bisnis retail kita. Pada dasarnya semuanya bisa dinegosiasikan, tetapi harus ada alasan yang kuat untuk meyakinkan para supplier kita tentang apa yang bisa kita berikan kepada mereka. Berikut adalah 7 tips untuk negosiasi dengan supplier :

1. Promosikan diri bahwa kita bisa memberikan banyak keuntungan

Supplier sama seperti pemilik bisnis lainnya: Mereka ingin menjual sebanyak mungkin produk dan mereka menghargai pelanggan yang akan membantu mereka mencapai tujuan itu. Saat bernegosiasi dengan supplier, pastikan mereka tahu kita adalah seseorang yang akan memberi mereka bisnis berulang, dalam jangka panjang. Jika kita memiliki rekam jejak pembelian sebelumnya, beri tahu mereka berapa banyak bisnis yang dapat mereka harapkan dari kita berdasarkan pembelian tersebut. Dan jika kita baru memulai, berikan mereka rencana proyeksi penjualan yang didasarkan pada logika dan penelitian.

2. Out of The Box

Jika supplier tidak mau bernegosiasi mengenai harga, kita masih bisa bernegosiasi untuk hal-hal lain yang akan membantu menurunkan pengeluaran. Misalnya, bernegosiasi untuk mengurangi jumlah uang muka, untuk diskon ketika membeli dalam jumlah besar, atau kebijakan untuk boleh return. Selain itu, hal lain yang kita bisa diskusikan adalah kemudahan skema pembayaran, karena hal ini akan menguntungkan buat arus kas kita.

3. Bicaralah dengan Banyak supplier

Untuk mendorong harga yang kompetitif, bicaralah dengan setidaknya tiga supplier dan beri tahu mereka bahwa Anda mendapatkan penawaran lain. Jelaskan kepada mereka bahwa Anda akan pergi dengan supplier yang menawarkan penawaran paling kompetitif kepada Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kualitas saat mempertimbangkan tawaran.

4. Tawarkan uang muka besar untuk diskon

supplier khawatir tentang piutang mereka seperti halnya pemilik bisnis lainnya, jadi cara lain untuk mendapatkan diskon yang lebih besar adalah dengan menawarkan uang muka besar.. Jika supplier tahu bahwa mereka akan menerima hingga 50 persen, kita dapat meningkatkan daya tawar untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

5. Jangan Terima Penawaran Pertama

Aturannya sama ketika berurusan dengan supplier seperti halnya dalam negosiasi bisnis apa pun, dan aturan paling mendasar adalah untuk tidak pernah menerima tawaran pertama pihak lain. Sebagai gantinya, kita dapat mengeluarkan penawaran balasan atau meminta mereka untuk memberikan revisi penawaran dan selalu berorientasi akan kemitraan jangka panjang dengan mereka.

6. Pertimbangkan untuk Memindahkan Semua Bisnis ke Satu supplier

Supplier menyukai pemilik bisnis yang memesan banyak produk dari mereka, dan seringkali orang-orang itu mendapatkan diskon lebih besar dan benefit lain dari supplier. Jika kita telah memberikan bisnis ke beberapa supplier, pertimbangkan untuk mentransfer semua itu ke satu supplier. Tetapi sebelum melakukan transisi, hubungi supplier dan saatnya negosiasi

Bernegosiasi dengan supplier tidak harus sulit, tetapi kita harus memiliki rencana yang matang sebelum bernegosiasi dengan mereka. Saat bernegosiasi selalu gunakan dukungan data yang akurat, manfaatkan Cloud ERP untuk membantu mengelola supplier dan pembelian kita yang bisa kita manfaatkan untuk bernegosiasi dengan mereka.

Baca juga : MENGAPA HARUS CLOUD ERP ?

turboly.com