3 Integrasi yang Dapat Dilakukan Sistem POS

Sistem Point of Sale (POS) telah menjadi alat yang sangat diperlukan industri ritel. Ini telah menyederhanakan proses transaksi dan mengurangi waktu dan upaya yang sebelumnya diperlukan dalam mencatat transaksi, mengelola inventory, penagihan, dan banyak lagi. Sistem POS telah memungkinkan industri ritel untuk beralih dari mesin kasir manual ke sebuah software POS yang lebih canggih. Software POS memungkinkan toko ritel untuk merencanakan dan mengatur penjualan mereka secara efektif; dari pesanan dan pembelian, hingga pembayaran dan inventory, semuanya menjadi lebih mudah dikelola dengan software POS.

Saat ini, software POS berbasis cloud atau disebut cloud POS, yang memberikan keuntungan untuk menghubungkan sistem POS dengan sistem lain melalui internet. Integrasi ini akan membentuk jaringan sistem yang kuat, yang mengotomatiskan sebagian besar proses secara efisien.

Berikut adalah integrasi Sistem POS paling populer dan paling membantu dalam proses penjualan ritel :

1. Integrasi POS ecommerce

Integrasi antara situs web dan toko, yang dibuat menggunakan website ecommerce dan software POS, sangat penting untuk berhasil menjalankan bisnis online karena memastikan alur kerja yang mulus. Ia mengelola segala sesuatu mulai dari inventory, pembelian dan penjualan, hingga pembayaran. Manfaat utama dari integrasi ini adalah manajemen persediaan yang akurat.

Selain menjaga inventory tetap sinkron dengan penjualan, integrasi POS ecommerce juga menyimpan data terkait produk termasuk jumlah, deskripsi, varian, nomor SKU, diskon harga, dan detail penting lainnya. Selain itu, integrasi POS ecommerce membantu mengumpulkan detail pelanggan. Setiap kali pelanggan melakukan pemesanan di situs e-commerce, detail mereka secara otomatis dikirimkan ke database yang ada di Sistem POS.

2. Integrasi POS dengan Sistem Akuntansi

Dalam integrasi ini, komunikasi terjadi antara data Sistem Point of Sale (POS) dan software akuntasi. Selain detail penjualan dan pembayaran standar, integrasi ini juga memungkinkan berbagi inventaris dan data pelanggan, invoice, dan informasi keuangan penting lainnya.

3. Integrasi POS Pemasaran

Ini adalah integrasi paling populer yang digunakan oleh hampir setiap perusahaan ritel yang menggunakan Software POS. Integrasi ini memupuk hubungan dengan pelanggan. Integrasi ini memungkinkan pengambilan informasi pelanggan (termasuk nomor kontak, alamat, nama, email, ulang tahun, dan lainnya) dari Sistem POS.

Data pelanggan ini secara otomatis direkam pada sistem pemasaran, sehingga memungkinkan untuk mengirim email promosi atau pesan ke pelanggan dengan mudah, dan membantu untuk selalu berhubungan dengan pelanggan setia kita. Keuntungan terbesar dari integrasi ini adalah menghemat waktu dan upaya untuk tim pemasaran. Selain data pelanggan, integrasi juga dapat mengomunikasikan data yang relevan seperti riwayat pesanan, frekuensi pembelian, total pesanan, pengeluaran uang, preferensi, dan bidang khusus lainnya yang memberikan wawasan berharga bagi tim pemasaran Anda.

Kesimpulan

Integrasi POS dengan sistem lain memberi jalan bagi peningkatan manajemen persediaan, peningkatan manajemen gudang, akuntansi yang lebih baik, pemasaran yang dipersonalisasi, produktivitas optimal dan peningkatan pendapatan. Namun, kita harus tetap bijak memilih jenis integrasi terbaik tergantung pada kebutuhan bisnis.

Baca juga : Keunggulan Sistem POS Berbasis Web

www.turboly.com