5 Strategi Senyap Toko Retail

image

Setiap toko dan brand memiliki strategi marketing masing-masing untuk menarik pelanggan. Untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan eksistensi kita perlu menerapkan strategi yang out-of-the-box yang berbeda bahkan jika bisa 180 derajat dari kompetitor kita. Berikut 5 strategi senyap yang out-of-the-box dalam menarik pelanggan untuk berbelanja :

Harga Terjangkau

Salah satu faktor penentu keputusan pelanggan adalah harga. Tidak peduli barang apa, apa brand-nya jika memiliki manfaat bagi pelanggan dan harga yang terjangkau pasti akan laris. Kita bisa menawarkan produk-produk mereka dengan harga yang cukup terjangkau. Seperti yang disampaikan di awal, hal ini adalah salah satu strategi marketing yakni agar pelanggan merasa senang dan belanja lebih banyak. Apalagi akan ada kepuasan sendiri dari pelanggan jika mampu berbelanja barang dengan harga yang hemat dengan kualitas bagus. Hal ini secara tidak langsung akan merangsang daya beli pelanggan menjadi lebih implusif.

Konsistensi Produk

Jika kompetitor kita selalu menawarkan produk yang beragam dengan berbagai macam model, maka cobalah untuk menentukan posisi produk apa yang akan kita jual secara konsisten. Maka, lambat laun toko kita akan mendapatkan image toko spesialis. Meski produk yang kita jual sama tapi imbangi dengan berbagai macam varian misalnya warna, motif, ukuran, dan sebagainya. Dengan memastikan produk yang spesifik dan variasi pilihan yang beragam maka hal ini akan menarik minat pelanggan.

Gunakan Teknologi

Retailer dan teknologi merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan saat ini. Penggunaan teknologi untuk internal toko seperti Sistem Point of Sale (POS) yang bisa dihubungkan dengan teknolgi untuk eksternal misalnya Website ecommerce, platform loyality point dan lainnya akan membuat toko kita menjadi cukup keren dimata pelanggan.

Rancang Interior Toko Berdasarkan Lokasi

Interior toko sangat memiliki pengaruh dalam menarik pelanggan. Percaya atau tidak, menggunakan design interior bertema kearifan lokal sesuai lokasi dimana toko kita berdiri akan lebih menarik simpati dan perhatian pelanggan. Maka itu, saat mulailah mempelajari budaya-budaya lokal disekitar toko kita, dan terapkan sebagai design di toko.

Baca juga : Cara Pengawasan dan Pengelolaan Usaha Retail

turboly.com