Mengapa Harus Memilih Sistem Point of Sale untuk Bisnis Ritel

Banyak pilihan Sistem Point of Sale (POS) yang ditawarkan saat ini. Namun dengan banyaknya pilihan terkadang kita malah bimbang mengapa kita harus menggunakan Sistem POS untuk bisnis ritel kita. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan berbagai fitur yang ditawarkan setiap Sistem POS. Ada sistem tradisional yang hanya sebagai mesin kasir, dan juga ada Sistem Point of Sale (POS) yang lengkap yang menyediakan lebih banyak fungsi mulai dari penjualan, inventory management, pelaporan, dan manajemen pelanggan, di antara hal-hal lainnya.

Dalam menjalankan usaha ritel, akan sangat menguntungkan jika kita menggunakan Sistem Point of Sale (POS) yang lengkap, karena Sistem POS akan memberikan berbagai manfaat bagi bisnis ritel, antara lain :

Lebih banyak fitur untuk menumbuhkan bisnis

Sistem POS merupakan solusi yang komprehensif. Sistem POS memiliki kemampuan end-to-end mulai dari penjualan hingga ke akuntasi sehingga dapat menumbuhkan bisnis lebih banyak lagi. Modul dalam Sistem POS yang paling sangat membantu adalah :

  • Manajemen persediaan atau inventory management. Solusi point of sale dengan inventory management dapat menyinkronkan stock level setiap ada penjualan. Hal Ini memudahkan kita dalam melacak pergerakan produk, sehingga kita dapat membuat keputusan yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan.

  • Manajemen pelanggan atau customer relationship management. Sistem POS paling lengkap juga memiliki kemampuan manajemen pelanggan yang memungkinkan kita untuk menyimpan informasi pembelian mereka dan mengetahui profil pelanggan. Beberapa platform bahkan menawarkan fitur loyalitas/ loyality point

  • Reporting. Bagian dari menjalankan bisnis ritel yang sukses terletak pada aksesabilitas dan keakuratan data yang kita miliki. Memiliki wawasan yang benar - terutama dalam hal penjualan, pergerakan produk, dan perilaku pelanggan - akan menghasilkan keputusan yang lebih tepat yang berdampak positif pada keuntungan usaha kita. Itulah mengapa penting untuk memilih sistem POS yang dapat menghasilkan laporan yang dibutuhkan.

  • Intergrasi dengan Aplikasi Pihak Ketiga. Satu hal keren tentang sistem POS modern? kita dapat dengan mudah memperluas fungsionalitasnya melalui add-on. Sementara solusi point of sale lengkap harus menyediakan fitur yang kita butuhkan, seperti integrasi dengan website ecommerce.

Baca juga : Fungsi Pokok Sistem POS

www.turboly.com