Tips Jitu Mengelola Usaha Bengkel Sepeda Motor

Saat memulai usaha bengkel sepeda motor maka mau tidak mau harus menyusun rencana yang dimulai dari manajemen agar bengkel yang kita kelola bisa berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan bisnis di awal.

Penguasaan akan manajemen pengelolaan bengkel sepeda motor sangat penting saat membuka usaha bengkel sepeda motor, tujuannya yaitu agar bengkel yang kita kelola tersebut memiliki manajemen yang rapi. Manajemen bengkel sepeda motor harus didukung alat dan rencana kerja yang akan digunakan untuk mengatur efektifitas dan juga efesiensi bengkel agar perkembangannya dapat dilihat dan direview secara periodik. Inti dari penerapan manajemen yang baik adalah evaluasi.

Manajemen bengkel sepeda motor memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Lokasi

Dalam memilih lokasi bengkel sepeda motor yang tepat maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya yaitu , dimana lokasi tempat bengkel anda berada? Apakah di lokasi tersebut berada di pemukiman? carilah tempat yang banyak pengguna sepeda motor, cari juga lokasi atau tempat daerah yang sedang berkembang. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan survey berapa pesaing yang memiliki jenis usaha bengkel yang sama, amati dan berikan nilai plus agar bengkel kita memiliki nilai tambah dimata pelanggan.

Fokus Kepada Pelayanan

Dalam membangun usaha bengkel sepeda motor , kita juga harus memiliki perencanaan yang benar benar matang. Rencana ini meliputi jenis layanan apa yang akan kita berikan pada konsumen, jenis sepeda motor apa saja yang akan kita layani, setelah itu sediakan spareparts yang sesuai dengan jenis-jenis sepeda motor yang akan kita layani. Selain itu, hal yang utama dalam bisnis jasa seperti bengkel adalah kualitas kerja mekanik, karena ini lah tulang punggung usaha bengkel sepeda motor sebenarnya.

Peralatan

Peralatan merupakan modal utama pelayanan di bengkel. Semakin lengkap peralatan yang dimiliki maka semakin banyak jenis pelayanan yang bisa kita sediakan. Selain itu, perlu dijaga agar peralatan ini memiliki program pemeliharaan yang baik, pemeliharaan disini maksudnya adalah mempertahankan keadaan suatu fasilitas yang ada di bengkel yang nantinya akan dipergunakan lagi untuk membantu kita dalam aktifitas kerja sehingga kondisi operasional bengkel tetap optimal dan dapat dipergunakan dalam jangka panjang.

Software Point of Sale (POS)

Software POS layak menjadi bagian dalam manajemen bengkel sepeda motor. Mengapa? Seperti fungsi Software POS yang banyak diketahui, Software POS akan memberikan banyak keuntungan salah satunya adalah dalam mengontrol persediaan seperti spareparts. Software POS seperti Turboly menyediakan secara khusus Sistem Bengkel sebagai alat bantu dalam mengelola bengkel mulai dari POS hingga ke persediaan.

Seiringnya berjalannya waktu tentunya pemeliharaan dan semua manajemen bengkel harus lebih sempurna ,keuntungan manajemen bengkel motor yang baik yaitu saat laporan akhir bulan, pemasukan dan juga pengeluaran akan diketahui bagaimana kinerjanya. Setiap usaha bengkel sepeda motor pasti mengalami kendala atau masalah dan solusi, namun dengan dukungan manajamen yang baik maka kami yakin usaha bengkel sepeda motor Anda akan terus berkembang.

Baca juga : 5 Tips Memulai Usaha Bengkel Motor

www.turboly.com