Persediaan dan ecommerce

image

eCommerce telah menawarkan banyak peluang bagi pemilik bisnis ritel, namun dibalik peluang yang ditawarkan selalu ada tantangan dalam hal manajemen persediaan. Dalam bisnis konvensional, mengelola persediaan adalah masalah sederhana untuk melacak penjualan dan aliran stok di satu atau dua lokasi. Penjualan multichannel, terutama eCommerce, menghadirkan tantangan baru untuk manajemen persediaan. Berikut adalah beberapa tantangan inventory management yang berhubungan dengan ecommerce :

Multi Channel akan lebih banyak masalah? eCommerce adalah penjualan produk melalui media online, seperti situs web, media sosial dan marketplace. eCommerce memungkinkan bisnis kita memiliki jangkauan yang lebih besar dan luas dibandingkan dengan toko konvensional. Tantangannya adalah jika bisnis yang kita kelola memiliki beberapa saluran eCommerce, yang berarti kontrol persediaan kita akan menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, solusinya adalah kita harus memiliki pengawasan yang jelas atas semua saluran penjualan untuk memastikan bahwa stok yang muncul secara online mencerminkan secara akurat stok yang kita miliki. Hal ini untuk menghindari kekosongan stok yang bisa menyebabkan loss sales.

Bisnis eCommerce memenuhi pesanan dari pelanggan dari seluruh Indonesia bahkan dunia, hal ini dapat menimbulkan masalah baru. Dari Software POS Online yang kita gunakan, kita dapat mengetahui lokasi pelanggan kita darimana. Jika bisnis ecommerce kita sudah mulai bertumbuh, tidak adalah salahnya untuk mulai memikirkan lokasi gudang hub untuk menjangkau pelanggan. Hal ini secara langsung akan meningkatkan kepuasan pelanggan karena masa pengiriman yang bisa lebih cepat dibandingkan jika kita hanya berpusat di 1 tempat saja.

Kecepatan pengiriman adalah salah satu kunci kepuasan pelanggan dalam bisnis ecommerce, tetapi mengelola banyak gudang juga bisa menghadirkan masalah lain jika kita tidak menggunakan Software Inventory yang tepat. Banyak Software inventory yang bagus diluar sana, namun yang terbukti dapat mengelola persediaan di banyak tempat/ multi lokasi tidaklah banyak. Bagian yang sulit adalah memastikan bahwa apa yang dijual online secara akurat mencerminkan stok di gudang yang relevan.

Dengan menggunakan Software Inventory yang dapat mengelola multi lokasi, akan memberikan informasi akurat kondisi persediaan secara real-time. Hal ini bisa menghindari mismatch stock seperti perbedaan stok di website dan gudang berbeda atau bisa lebih buruk lagi stok kosong yang mengharuskan kita melakukan refund ke pelanggan.

Untuk menghindari situasi ini, penggunaan software inventory merupakan satu hal yang wajib. Menggunakan software inventory akan membuat pengelolaan persediaan menjadi lebih mudah disemua channel ecommerce.

Baca Juga : 5 FITUR UTAMA YANG HARUS DIMILIKI SISTEM POS UNTUK MENDUKUNG OMNICHANNEL

turboly.com