Cara Menjalankan Toko Konsinyasi yang Sukses

image

Konsinyasi adalah salah satu konsep bisnis yang menarik. Dengan modal yang minimal, sebagai consignee tetap dapat mendapatkan keuntungan dengan resiko yang minimal pula. Itulah sebabnya toko konsinyasi yang baik bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Menjalankan sebuah toko konsinyasi yang sukses membutuhkan perhatian untuk apa yang akan dijual, pada tingkat tertentu kita akan memiliki kemampuan untuk mengatakan tidak pada produk produk yang tidak memenuhi standar yang kita tetapkan.

Spesifik

Sebagai consignee, kita wajib menentukan jenis produk apa yang kita akan jual. Lebih spesifik dalam menentukan jenis produk dan dari siapa saja produk yang kita pilih akan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Kosmetik adalah salah satu produk konsinyasi yang cukup laris manis dalam beberapa waktu terakhir. Kita tahu kosmetik adalah salah satu produk wajib oleh pelanggan wanita dan jika sudah cocok dengan satu produk tertentu maka akan sulit untuk berpaling ke produk yang lain. Selain itu, kosmetik adalah salah satu produk “fast moving” pelanggan akan terus membeli saat produk yang digunakan habis.

Atur Tata Letak Produk

Jika toko konsinyasi Anda penuh dengan barang-barang sehingga pelanggan kesulitan melihat-lihat rak, sebagian dari apa yang Anda miliki tidak akan pernah terlihat - atau dijual. Menjaga toko konsinyasi tetap rapi dan tidak berantakan bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi tak dapat dipungkiri jika tata letak barang akan berpengaruh kepada penjualan. Anda dapat menciptakan spot - spot strategis kepada pemilik produk dan menawarkan kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Ini adalah salah satu cara negosiasi yang “halus” dengan pemilik produk.

Harga

Toko-toko konsinyasi mengambil komisi / margin untuk barang-barang yang dijual. Dalam banyak kasus, pemilik produk akan menentukan harga, sehingga pemilik toko konsinyasi dapat memandu penjual mengenai harga agar barang mereka tetap kompetitif. Cobalah bernegosiasi dengan pemilik produk untuk mendapatkan komisi/ margin yang menguntungkan kedua belah pihak agar harga yang Anda jual bisa tetap kompetitif bagi pelanggan.

Pencatatan Penjualan

Salah satu tantangan dalam bisnis toko konsinyasi adalah pencatatan. Pencatatan dimulai ketika kerjasama dimulai terkait berapa komisi/ margin, kemudian mencatata kuantiti stok yang kita terima dari pemilik produk, mencatat penjualan, membuat laporan rekonsiliasi penjualan kepada pemilik produk dan juga tak kalah penting jika ada return barang konsinyasi karena tidak laku. Semua hal diatas jika kita lakukan secara manual akan banyak menyita waktu belum lagi ada resiko dimana kesalahan pencatatan yang dapat merugikan. Gunakan Software Point of Sale (POS) konsinyasi untuk membantu segala aktifitas penjualan konsinyasi Anda. Turboly Cloud POS hadir sebagai salah satu solusi bisnis konsinyasi yang menyediakan berbagai macam fitur untuk mengelola bisnis konsinyasi.

Baca juga : INI DIA UNTUNG RUGI PENJUALAN KONSINYASI

turboly.com