Menetapkan Tujuan Bisnis yang Tepat

image

Jika sebuah bisnis kecil dan baru saja dimulai, mungkin tampaknya tidak perlu untuk memikirkan dan mendefinisikan tujuan sama sekali. Usaha kecil yang dijalankan keluarga, misalnya, mungkin merasa mereka baik-baik saja, dengan inventaris kecil untuk dikelola, basis konsumen kecil dan tingkat permintaan yang terkendali.

Sebuah bisnis mungkin tidak selalu bekerja menuju pertumbuhan terukur dan profit, misalnya, tetapi tujuan juga penting untuk alasan non-finansial. Menetapkan tujuan - tidak peduli seberapa besar atau kecil - masih sangat penting karena berbagai alasan.

Bagaimana membuat sasaran bisnis yang baik dan tepat yang dapat memberikan dampak signifikan? Berikut adalah cara menetapkan tujuan bisnis yang baik :

Keuangan

Ada banyak manfaat untuk menetapkan tujuan bisnis; yang paling jelas adalah keuangan. Dengan menetapkan tujuan bisnis keuangan, bisnis memiliki sesuatu yang spesifik untuk dikerjakan. Ini membuatnya lebih mudah bagi bisnis untuk merencanakan dan mengatur pekerjaan untuk mencapai tujuan keuangan ini, yang menyediakan kerangka kerja yang berguna untuk produktivitas dan efisiensi terkait penjualan.

Manfaat lain dari penetapan tujuan keuangan adalah bahwa ia memberikan beberapa tingkat arahan dan struktur kepada tim. Hindari menetapkan tujuan yang kurang jelas tentang berapa banyak laba yang ingin dihasilkan perusahaan di masa depan, akan sulit untuk merencanakan pekerjaan secara memadai untuk mencapai tujuan itu. Misalnya, kita menginginkan mendapatkan keuntungan bertumbuh 100% di tahun depan. Dengan tujuan yang jelas 100% dari tahun ini, maka hal ini akan memacu manajer penjualan mengarahkan staf ke arah yang diperlukan untuk mencapai tingkat keuntungan finansial 100% di tahun depan. Menetapkan tujuan keuangan beserta reward yang akan didapatkan oleh staf dapat membantu meningkatkan motivasi di tempat kerja. Jika staf tidak memiliki sesuatu untuk diusahakan, moral, motivasi, dan produktivitas mungkin mulai berkurang.

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Manfaat lain dari menetapkan tujuan bisnis adalah dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Katakanlah, misalnya, manajer penjualan menetapkan tujuan untuk menyelesaikan target penjualan tertentu dalam waktu 3 bulan. Ini secara instan akan memotivasi staf untuk meningkatkan produktivitas karena mereka memiliki kerangka waktu yang tepat untuk mengelola pekerjaan mereka.

Intinya, dalam menetapkan tujuan dalam hal keuangan harus jelas “angka” yang diinginkan.

Hadiah dan insentif

Manfaat lain dari menetapkan tujuan adalah bahwa, jika ditetapkan sedemikian rupa sehingga mencapai mereka menghasilkan hadiah, staf akan diberi insentif untuk menjadi lebih produktif dan efisien. Jika Anda memiliki bisnis ritel, misalnya, Anda mungkin ingin menawarkan komisi staf untuk menjual jumlah tertentu dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah cara yang terkenal tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga meningkatkan moral dan motivasi staf.

Baca Juga : TAHAP EVALUASI SEBELUM MENENTUKAN TARGET BISNIS DI TAHUN BARU

turboly.com