Software POS Ritel untuk Toko Ponsel

image

Ketika seseorang mulai terjuan dalam bisnis ritel ponsel untuk pertama kalinya, terkadang mereka hanya berfokus kepada produk dan iklan. Ada satu hal yang cukup penting namun sering diabaikan yaitu mempersiapkan Software Point of Sale (POS) untuk mendukung operasionalnya.

Dengan begitu banyak hal untuk dipikirkan, Software POS Ritel biasanya terakhir dalam daftar atau bahkan tidak ada sama sekali. Banyak retailer yang berfikir bahwa sebuah usaha toko ponsel yang baru dimulai tidak memerlukan Software POS. Hal inilah perlu dirubah, karena setiap toko ritel ponsel apapun skalanya tetap memerlukan Software POS Ritel untuk mendukung operasional dan menggerakkan mesin bisnis.

Lalu apa yang membuat Software POS Ritel untuk toko ponsel sangat penting?

Jawaban sederhananya adalah, inventory management tetap dalam kondisi terkontrol. Iya persediaan bukan penjualan. Karena bagi toko ponsel atau toko ritel apapun persediaan merupakan nyawa, jika persediaan hilang atau kurang maka target penjualan pun akan susah digapai. Alih - alih mendapatkan untung yang ada malah kerugian yang didapat. Karena untuk industri ponsel memiliki karakteristik persediaan yang cukup unik, selain kita mencatat jumlah kuantiti produk yang kita miliki, kita juga wajib mencatat nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI), ini yang penting karena selain IMEI adalah identitas product, selain itu IMEI juga rawan akan penyimpangan. Oleh karena itu, untuk mencapai target bisnis yang sudah kita canangkan diperlukan sebuah alat untuk menjalankan mesin bisnis, alat itu adalah Software POS Ritel.

Jika kita dalami dan semakin dalam lagi akan Software POS Ritel, kita akan mulai mengetahui bagaimana Software POS Ritel akan berpengaruh dalam bisnis dan perusahaan kita. Ada banyak Software POS yang ditawarkan, namun tidak semua cocok untuk bisnis Anda dan saya. Seperti yang disampaikan diatas, Software POS untuk toko ponsel merupakan satu tipe Software POS yang spesifik yang mampu menghadirkan solusi bisnis yang komprehensif.

Setelah kita tahu jenis bisnis apa, lalu temukan solusi seperti apa yang bisnis kita perlukan. Pelajari dan analisa bagian - bagian mana yang berjalan tidak efisien atau masih ada celah untuk kecurangan setelah itu konsultasikan dengan konsultan Software POS Ritel yang Anda temui. Proses selanjutnya adalah menganalisa berapa investasi yang Anda siapkan untuk Software POS Ritel seperti ini. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai investasi, pertama : biaya software, hardware, biaya pemeliharaan (maintenance). Pelajari setiap penawaran yang Anda terima dan sesuaikan dengan budget yang sudah Anda tetapkan.

Pada akhirnya, setiap pengusahan toko ponsel menginginkan sebuah timbal balik atas setiap investasi yang mereka keluarkan. Software POS Ritel adalah sebuah timbal balik yang sepadan. Selama Anda memilih sesuai dengan kebutuhan maka keuntungan itu akan dirasakan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga : MENGAPA HARUS MEMILIH SISTEM POINT OF SALE UNTUK BISNIS RITEL

turboly.com