7 Segmen Pelanggan Ritel Paling Populer

image

Segmentasi dalam usaha retail sangat penting, dan jika penerapannya dilakukan secara tepat maka tidak mungkin akan memberikan dampak yang sangat signifikan dalam penjualan. Setelah kita mengetauhi mengenai manfaat dan keuntungan dari segmentasi pelanggan dalam usaha retail, saatnya kita untuk mengetahui segmen-segmen pelanggan apa saja yang populer dalam usaha ritel.

Akuisisi: Bagaimana pembeli menjadi pelanggan? Pengetahuan ini membantu bisnis mempertajam strategi implementasi mereka dengan melihat darimana pelanggan mengetahui informasi tentang toko/ produk kita. Informasi ini bisa menjadi rujukan ketika kita melakukan promosi kedepannya.

Pembelian pertama: Perusahaan melihat pembelian pertama yang dilakukan pelanggan baru untuk membantu membuat prediksi tentang kegiatan masa depan pembeli. Mengelompokkan data ini berguna saat membuat personalisasi pembeli, tingkat keterikatan pelanggan terhadap toko, dan sensitivitas harga mereka.

Perangkat yang digunakan: Mirip dengan segmen akuisisi, jenis perangkat melihat bagaimana pelanggan terlibat dengan retailer online. Itu dapat dibagi lagi menjadi beberapa kategori yang berbeda, seperti jika situs Anda lebih umum dilihat melalui browser web atau perangkat seluler. Ini membantu retailer mempelajari lebih lanjut tentang jenis perangkat yang lebih sering dikunjungi pengguna dan lebih mudah digunakan.

Domisili: Perusahaan dapat melihat faktor-faktor seperti rumah/ domisili pelanggan dan jarak dari toko terdekat untuk membuat sejumlah prediksi. Data segmentasi pelanggan ritel ini memungkinkan retailer melihat di mana pelanggan tinggal dalam kaitannya dengan toko dan pesaing mereka, serta melihat lebih jauh ke berbagai tren belanja regional.

Pekerjaan: Jenis pekerjaan pembeli dapat disegmentasi. Data ini dapat membantu retailer mengoptimalkan kampanye pemasaran email mereka dengan mengiklankan produk tertentu kepada pelanggan berdasarkan jenis pekerjaan mereka.

Gender: Pria dan wanita cenderung memiliki kebutuhan dan pola belanja yang berbeda, dan mengatur pelanggan berdasarkan gender membantu bisnis melihat pola-pola ini dan menghasilkan taktik pemasaran yang efektif. Pengelompokan gender juga membantu ketika mempromosikan produk khusus pria dan wanita secara online.

Umur: retailer dapat membuat sejumlah prediksi tentang pelanggan berdasarkan usia mereka. Misalnya, generasi milenial lebih mudah menerima strategi pemasaran online, sedangkan untuk baby boomer mungkin loyal terhadap merek tertentu dan biasanya lebih mapan dari sisi pendapatan.

Ketika diintegrasikan ke dalam pemasaran yang menyeluruh, segmentasi pelanggan ritel adalah alat yang berharga untuk terhubung dengan pembeli dari berbagai latar belakang - terutama ketika meningkatkan loyalitas merek di antara pelanggan yang ada. Seiring dengan meningkatkan kampanye pemasaran dan meningkatkan pengembangan produk, segmentasi pelanggan juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. retailer dapat melacak aktivitas pelanggan dalam berbagai kelompok, yang bermanfaat untuk menentukan siapa yang paling menerima program penjangkauan, penghargaan dan insentif, dan pengingat.

Baca juga :MANFAAT CUSTOMER GROUP BAGI USAHA RETAIL

turboly.com