Manfaat Customer Group Bagi Usaha Retail

image

Sifat ritel telah berubah secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, dan dengan itu, begitu pula harapan pelanggan. Pelanggan modern melihat lebih dari sekadar produk ketika mereka berbelanja, mereka juga menghargai perusahaan yang mengidentifikasi kebutuhan individu mereka dan memenuhi harapan mereka yang meningkat. Untuk mencapai hal ini, pelaku ritel harus terlebih dahulu mengesampingkan pendekatan satu ukuran untuk semua ketika berinteraksi dengan pelanggan dan mengadopsi strategi yang lebih personal.

Di sinilah segmentasi pelanggan ritel masuk. Sederhananya, segmentasi pelanggan adalah ketika pengecer mengatur basis pelanggan yang luas menjadi subkelompok yang lebih kecil dengan bantuan Sistem Point of Sale (POS). Dalam mengelompokan pelanggan memilih grup yang relevan dan menambahkannya ke data Sistem POS, yang secara terus-menerus diperbarui ketika pembeli melakukan pembelian atau berinteraksi ke toko.

Apa itu grup pelanggan?

Grup pelanggan adalah bagian dari pelanggan serupa. Ketika bisnis memulai segmentasi pelanggan ritel, individu disortir ke dalam kelompok berdasarkan jenis kelamin, lokasi geografis, barang yang biasa dibeli, atau fitur penentu lainnya. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memulai segmentasi pelanggan, mulailah dengan mengidentifikasi kategori luas dalam kelompok besar pembeli. Setelah itu, bentuklah grup kemudian dapat memecahnya menjadi lebih kecil, kategori yang lebih spesifik.

Sistem POS Ritel seperti Turboly Cloud memberi Anda alat untuk membuat grup pelanggan untuk penetapan harga khusus, promosi dan analisis data. Segmentasi pelanggan ritel membantu Anda mengidentifikasi tren pembelian di berbagai demografi dan menciptakan strategi pemasaran yang lebih kuat dan lebih sukses berdasarkan data itu.

Segmentasi pelanggan membuat pemasaran, pengembangan produk, dan bahkan layanan pelanggan lebih efektif dengan membantu pelaku ritel mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang pengelompokan tertentu dalam basis pelanggan mereka. Ingatlah bahwa tidak setiap pembelanja memiliki harapan yang sama.

Manfaat lain dari segmentasi adalah membantu retailer mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja mereka. Metrik yang terkait dengan penjualan, kampanye pemasaran, dan program insentif semuanya dapat dipecah menjadi segmen berdasarkan data transaksional pelanggan. Bahkan lebih baik, sebagian besar solusi POS berbasis cloud seperti Turboly secara otomatis mencatat dan memperbarui data transaksi pelanggan setiap kali mereka melakukan pembelian, dan kemudian menyinkronkan informasi itu di semua lokasi ritel dan perangkat yang terhubung.

Masing-masing retailer dapat menggunakan informasi ini dalam sejumlah cara yang berbeda, termasuk menentukan demografi atau kepribadian pembeli yang merupakan pelanggan ideal mereka. Ini dapat dilakukan dengan melihat segmen pelanggan mana:

Baca juga : CUSTOMER GROUP,BUAT APA?

turboly.com