3 Alasan untuk Mengintegrasikan CRM dan ERP

image

Mengelola data pelanggan merupakan suatu peluang dan merupakan salah satu kunci agar bisnis sukses dan berkembang. Mengetahui apa yang terjadi selama setiap langkah siklus penjualan memerlukan sistem manajemen pelanggan standar yang dapat digunakan oleh seluruh bagian yang terlibat, seperti bagian penjualan, keuangan. Maka dari itu Sistem Customer Relationship Management (CRM) sangat besar perannya untuk mengelola semua itu dan bisa diakses oleh bagian yang membutuhkan.

Sistem CRM akan melacak riwayat pelanggan, mulai dari kapan mereka pertama kali datang, pertama kali beli, apa yang dibeli, bagaimana riwayat pembayarannya dan banyak hal lagi yang menarik. Oleh karena itu, beberapa alasan itulah mengapa Sistem CRM dan Sistem ERP harus saling berintegrasi. Berikut adalah tiga alasan mengapa Sistem CRM dan Sistem ERP harus saling berintegrasi :

1. Akses Realtime

Dalam bisnis retail dan wholesale, pelanggan pasti akan selalu berinteraksi dengan banyak sales person. Sales person inilah sebagai kontak awal. Mereka adalah orang pertama yang mendokumentasikan perjalanan penjualan. Untuk bisnis wholesale proses ini akan berakhir di bagian keuangan untuk proses penagihan dan akuntansi.

Jika sistem CRM Anda terintegrasi dengan solusi ERP, maka setiap bagian memiliki akses ke data (disinkronkan) yang sama dari satu sumber kebenaran secara real time. Berbagi informasi ini memupuk kolaborasi di seluruh bagian, dan karena setiap orang memiliki informasi yang diperlukan untuk memenuhi permintaan pelanggan, ini meningkatkan kepuasan pelanggan.

2. Proses Kerja Efisien

Dengan Sistem CRM yang tepat, dapat dimungkinkan untuk membuat penawaran atau Sales Quotation dengan mudah, dan mengubahnya menjadi Sales Order dalam solusi ERP berbasis cloud terintegrasi. Fitur otomatis ini memberikan penghematan waktu dan kegunaan yang sangat efisien bagi staff penjualan ataupun pelanggan.

3. Peningkatan Visibilitas

Untuk bisnis wholesale, normal untuk tim sales mengadakan pertemuan mingguan dan / atau bulanan sebagai pemeriksaan status tentang peluang dan prospek. Ketika informasi dikonsolidasikan ke dalam satu aplikasi CRM dan ERP, waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan pertemuan berkurang secara substansial karena manajemen sudah memiliki visibilitas ke seluruh proses.

Selain itu, memiliki satu sumber data yang akurat sangat penting untuk menganalisa pelanggan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan konversi.

CRM dan ERP mana yang harus Anda pilih?

Manfaat dari CRM dan sistem ERP terintegrasi meliputi peningkatan produktivitas, pengambilan keputusan yang lebih baik, peningkatan laba, dan yang terpenting kepuasan pelanggan. Jadi, bagaimana memilih Sistem CRM yang sempurna untuk perusahaan? Pilihlah Sistem ERP yang sudah memiliki fitur CRM, dimana informasi berada di dalam 1 platform yang sama dan pasti akan lebih membuat informasi menjadi semakin akurat.

Baca Juga : CARA KERJA CUSTOMER LOYALTY PROGRAMS?

turboly.com