Haruskah Menyiapkan Laporan Budget?

image

Iya, harus. Tetapi apa tujuan sebenarnya? Bagaimana menggunakannya? Dan apa manfaatnya bagi perusahaan?

Laporan Budget atau anggaran lebih dari sekadar angka perbandingan dalam laporan keuangan. Laporan budget harus menjadi alat yang digunakan untuk membantu perusahaan fokus pada komitmen dan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sejak awal. Banyak yang memandang laporan budget digunakan untuk dua tujuan utama atau kombinasi keduanya: (1) perencanaan dan peramalan dan (2) kontrol dan pengawasan.

Perencanaan dan peramalan :

Banyak perusahaan retail menyiapkan laporan budget berfokus pada tingkat penjualan atau keuntungan. Penyusunan budget ini dengan pendekatan “top-down”. Banyak dari laporan budget ini dimulai dengan perkiraan penjualan dan harga pokok penjualan. Namun perlu dipahami bahwa budget berbeda dengan forecasting. Forecasting atau prakiraan adalah prediksi dimasa mendatang. Sedangkan budget atau anggaran adalah komitmen untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Anggaran untuk Kontrol atau Pengawasan :

Perusahaan akan menyiapkan laporan budget untuk memantau berbagai metrik dan biaya. Perusahaan yang lebih besar atau lebih mapan akan menggunakan jenis laporan budget ini. Laporan budget yang berorientasi kontrol dibangun dari berbagai bagian di perusahaan atau di departement tertentu yang dibagi menjadi beberapa pos. Jenis laporan budget ini biasanya lebih kompleks dan membutuhkan lebih banyak waktu dan keterlibatan untuk menyelesaikan dan menyusunnya.

Baik Anda menyiapkan anggaran untuk tujuan apa pun, penting untuk selalu mengingat hal-hal berikut untuk proses yang berhasil:

    1. Sasaran penentuan budget harus dapat diukur dan dapat dicapai. Jika budget dirasa tidak dapat dicapai, budget yang sudah disusun tersebut akan kehilangan efektivitasnya.
    1. Pentuan budget (terutama anggaran yang digunakan untuk kontrol dan pengawasan) harus dikembangkan dengan keterlibatan dari level manager di setiap bagian sehingga mereka terlihat dalam proses.
    1. Kondisi berubah sepanjang tahun sehingga dalam penyusunan budget pun harus bisa fleksibel. Laporan budget yang sudah disusun harus ditinjau setiap triwulan untuk menentukan apakah perubahan diperlukan.

Ketika diterapkan dengan benar, laporan budget memungkinkan manajemen untuk memahami apa yang terjadi di semua tingkatan dalam perusahaan. Proses penyusunan budget dapat menjadi alat keuangan yang menerjemahkan tujuan manajemen dan rencana strategis menjadi sebuah “angka” yang dapat diukur. Gunakan Sistem Akuntansi untuk membantu penyusunan budget.

Baca Juga : ATURAN MENGELOLA ARUS KAS

turboly.com