Masalah Terbesar yang Dihadapi Usaha Kecil - 2

image

Setiap perusahaan dalam prosesnya akan mengalami berbagai masalah. Jika mengambil dari segi positif, maka masalah - masalah yang dihadapi merupakan suatu proses alami untuk membuat perusahaan “naik kelas”. Setelah membahas 2 pertama masalah - masalah yang mungkin dihadapi oleh usaha kecil, berikut adalah 3 masalah yang mungkin akan dihadapi oleh usaha kecil :

Sumber daya manusia

Salah satu masalah terbesar dalam menjalankan usaha kecil adalah merekrut karyawan baru. Ada beberapa masalah spesifik seputar perekrutan atau tenaga kerja yang terjadi pada usaha kecil :

  • Pelamar yang tidak memenuhi syarat. Menemukan karyawan bertalenta dapat menjadi tantangan bagi pemilik usaha kecil yang tidak memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk merekrut personel untuk posisi tertentu. Untuk kasus seperti itu, merekrut orang-orang dalam jaringan internal bisa menjadi pilihan. Temukan teman atau kontak yang dapat memberikan referensi karyawan yang potensial.

  • Terburu-buru. Karena kurangnya waktu dan uang, beberapa usaha kecil terjebak dalam pengambilan keputusan perekrutan karyawan yang didasari oleh efektivitas biaya dan tekanan waktu. Posisi yang dibentuk agar sesuai dengan keterampilan kandidat dan bukan kebutuhan perusahaan dapat merusak bisnis dalam jangka panjang. Pastikan untuk fokus pada kebutuhan perusahaan ketika merekrut karyawan.

  • Persaingan ketat. Bagi usaha kecil saat proses perekrutan karyawan baru tantangannya adalah akan menhadapi kompetisi dengan perusahaan yang lebih besar. Perusahaan yang lebih besar memiliki keuntungan dalam merekrut perekrut untuk menemukan orang-orang terbaik. Mereka kemungkinan akan menawarkan gaji yang lebih tinggi dan manfaat yang menarik untuk kandidat yang tepat.

Namun, ada juga banyak orang berbakat di luar sana yang lebih suka bekerja untuk perusahaan yang lebih kecil. Mereka lebih menyukai pekerjaan dengan kebijakan yang lebih fleksibel dan memiliki ruang untuk bertumbuh. Hal ini yang perlu ditonjolkan agar terlihat lebih menarik bagi calon karyawan potensial.

Kualitas dan pertumbuhan

Tantangan lain yang perlu dihadapi oleh bisnis kecil adalah pertumbuhan sekitar. Ketika waktu untuk ekspansi tiba, harus dipastikan bahwa kualitas barang atau jasa yang tawarkan tetap sama. Ingat, kualitas produk adalah hal yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan bagi usaha ritel.

Mendelegasikan tugas untuk mengambil tanggung jawab untuk memastikan kualitas produk. Peran mereka harus didefinisikan dengan baik. Selain itu, perlu membuat iklim di perusahaan sedemikian rupa agar para karyawan menyadari bahwa perusahaan sedang bertumbuh.

Semangat & Motivasi

Ketika memulai, semuanya tampak menyenangkan. Proses akan dirancang agar pertumbuhan bisnis berjalan semulus. Tetapi ketika pelanggan mulai memberikan komplain, ketika permintaan lebih tinggi dibandingkan dengan persediaan, tetap harus tenang dan membuat keputusan-keputusan yang penting. Saat itulah diperlukan dukungan dari semua pihak dari atas hingga ke staff untuk saling memberikan masukan dan menyemangati bahwa ini merupakan proses yang harus di lewati. Jangan menghabiskan energi untuk menekan salah satu pihak, karena semua harus berjalan bersama.

Memahami masalah utama yang dihadapi oleh bisnis kecil dapat membantu mendapatkan panduan yang lebih baik tentang bagaimana melanjutkan menjalankan usaha kecil dengan hambatan minimal dan peluang yang lebih besar untuk berhasil.

Baca Juga : BAGAIMANA ERP TERPADU DAPAT MEMBANTU MENINGKATKAN OPERASI BISNIS

turboly.com