Bagaimana ERP Terpadu Dapat Membantu Meningkatkan Operasi Bisnis

image

Teknologi dan bisnis adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebuah bisnis berjalan dan mengandalkan teknologi untuk mengelola operasional sehari-hari. Salah satu teknologi yang banyak dimanfaatkan saat ini adalah Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dengan berbagai fungsi dan solusi yang ditawarkan dan kemampuannya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional bisnis.

Sistem ERP yang baik akan membantu memberikan solusi mengatasi berbagai tantangan bisnis dalam berbagai konteks dan spesifik industri. Berikut berbagai fitur Sistem ERP yang dapat digunakan dalam bisnis perusahaan :

Customer Relationship Management (CRM):

Salah satu aspek terpenting dari setiap bisnis adalah menarik dan mempertahankan pelanggan. CRM akan memungkinkan staf penjualan dapat secara akurat mencatat dan mencatat kegiatan penjualan, memastikan / konfirmasi penjualan yang semuanya dapat dilacak dan dialokasikan dengan cara yang seefisien mungkin.

Komunikasi Bisnis :

Menganalisa data dalam bisnis tidaklah mudah. Tetapi dengan ERP yang baik memungkinkan untuk dapat mengatur aliran informasi perusahaan karena semua data akan berada dalam satu sistem. Sistem ERP dapat menghasilkan laporan untuk analisa sebagai alat untuk membuat keputusan bisnis yang akurat dan tetap kompetitif pada industri apapun. Komunikasi antar departemen juga dapat ditingkatkan karena semua informasi berada dalam sistem yang sama.

Suppy Chain & Gudang:

Sistem ERP akan mengawasi kelancaran seluruh rantai pasokan persediaan dan dengan mengetahui masalah persediaan secara actual, hal ini tanpa disadari akan membantu perusahaan memenuhi kebutuhan pelanggan secara optimal.

Manajemen supply chain yang efektif akan memfasilitasi peningkatan operasional gudang seperti memiliki stock level yang akurat. Sistem ERP akan memiliki fungsi untuk membantu operasi gudang seperti stock allocation dan pelacakan serial, manajemen stok, transfer stok multi-lokasi dan stock request yang bisa disesuaikan.

Supplier Management:

Seiring dengan meningkatnya bisnis, ketersediaan barang dan hubungan supplier dapat menjadi lebih kompleks. Untuk meningkatkan operasi bisnis, sistem ERP akan meningkatkan kemudahan akses ke dokumen-dokumen seperti kontrak, pricelist dan data historis pembelian. Informasi supplier seperti KPI pemenuhan pesanan juga akan membantu manajemen persediaan.

Kepatuhan:

Sistem ERP dapat membantu memberikan keterlacakan karena sepenuhnya terintegrasi dengan operasi perusahaan. Dari jalur audit ke kontrol kualitas, Sistem ERP akan memastikan bahwa perusahaan beroperasi secara efisien dalam SOP dan peraturan yang berlaku.

Transaksi:

Pada industri ritel, kebutuhan Point of Sale (POS) sebagai pusat transaksi penjualan akan menjadi lebih kompleks. Apapun itu, platform yang baik, seperti Turboly Cloud ERP dapat menyediakan sentralisasi lengkap dari semua pesanan dan transaksi pelanggan yang relevan karena dapat diintegrasikan dengan website ecommerce yang dimiliki perusahaan, Turboly cloud ERP menghasilkan laporan penjualan real-time dan mengelola stock level secara efisien.

Baca Juga : MENGOPTIMALKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS DENGAN SOFTWARE ERP

turboly.com