Bagaimana Sistem ERP Meningkatkan Customer Experience

image

Dibutuhkan lebih dari sekadar produk, branding, atau loyalitas untuk mempertahankan pelanggan. Di era teknologi saat ini, di samping tuntutan media sosial, banyaknya informasi online dan persaingan global, perusahaan ritel perlu bekerja lebih keras untuk menyenangkan pelanggan selama transaksi yang mereka lakukan. Pengalaman pelanggan yang buruk selama transaksi dapat berdampak negatif pada penjualan di masa depan, karena pelanggan memiliki banyak alternatif saat ini.

Karakteristik pelanggan mulai bergeser, dimana pelanggan setia semakin mengharapkan layanan secara personal khususnya di industri retail. Karena itu, Sistem ERP terintegrasi penting jika Anda ingin meningkatkan pengalaman pelanggan dan membangun basis pelanggan yang loyal.

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah software yang menyatukan berbagai komponen bisnis. Sistem all-in-one dapat mencakup fungsi-fungsi seperti kontrol persediaan, pembelian, penjadwalan produksi, akuntansi, operasi, manajemen hubungan pelanggan, hingga ke Point of Sale (POS). Solusi terintegrasi akan menjadikan proses bisnis menjadi lebih ramping dan mengelola bisnis lebih efisien dan memberi akses serta informasi data yang dihasikan menjadi lebih baik. Berhungan dengan pelanggan, Sistem ERP juga dapat membantu mengelola harapan pelanggan dengan lebih baik dan meningkatkan hubungan, tidak hanya dengan pelanggan tetapi juga supplier.

Mengelola harapan Proses penjualan dan layanan pelanggan adalah garis depan bisnis ritel dan retailer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa layanan atau pengalaman yang diterima pelanggan berkualitas tinggi dan bahwa jika tidak, itu diperbaiki semulus mungkin. Retailer akan berada dalam posisi yang lebih baik jika mereka memiliki semua informasi yang ada. Sistem ERP dengan CRM bawaan menyediakan semua informasi pelanggan, Sistem ERP memberikan data historis terkait transaksi pelanggan, pembelian, preferensi hingga data personal mereka. Retailer dapat dengan mudah mencapai bagian paling detail dan bisa menyampaikan informasi kepada pelanggan. Ini mengelola harapan pelanggan dengan sangat baik.

Untuk menyenangkan pelanggan dalam lingkungan yang serba cepat ini, retailer harus dapat memberikan apa yang diinginkan pelanggan, ketika mereka menginginkannya. Jika tidak memiliki produk yang tersedia atau tidak dapat mengirimkannya tepat waktu, “akan dihukum”, dengan pelanggan beralih ke kompetitor. Untungnya, Sistem ERP dapat membantu mengelola persediaan dan perencanaan sumber daya dengan lebih baik. Dengan memiliki informasi persediaan yang akurat, ini dapat membantu merencanakan pesanan pembelian sehingga Anda dapat lebih memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, Sistem ERP akan memungkinkan untuk mengontrol kinerja staff penjualan dengan lebih baik, karena informasi pesanan pembelian memastikan bahwa kita memiliki cukup karyawan yang tersedia untuk menangani pengepakan dan mengirimkan barang pada waktu puncak penjualan. Jika diterapkan secara konsisten, maka risiko mengecewakan pelanggan dengan pengiriman yang terlambat atau produk yang tidak tersedia berkurang.

Sistem ERP adalah alat yang sangat bermanfaat untuk bisnis apa pun, membantu menjalankan bisnis secara efisien dan menyenangkan pelanggan selama setiap transaksi yang mereka lakukan.

Baca Juga : MENGHADAPI CUSTOMER DENGAN PIUTANG TAK TERTAGIH

turboly.com