Rahasia Sistem ERP berfungsi untuk bisnis

image

Ada banyak manfaat menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP), tetapi tidak semua bisnis menyadari bahwa Software ERP memiliki banyak solusi untuk mendukung kesuksesan bisnis mereka. Software ERP memiliki banyak solusi sesuai dengan industri retail, wholesale, manufaktur dan jasa.

Kita akan membahas tiga rahasia Software ERP berfungsi untuk bisnis manufaktur dan perakitan:

Full Integrated ERP Software

Pentingnya menggunakan sistem ERP terintegrasi tidak dapat diremehkan. Ini akan mendukung sebuah proses yang menghubungkan untuk memastikan setiap bagian yang berbeda dapat berbagi data dan informasi yang sama (berkomunikasi) secara efisien dan mudah.

Software ERP menguntungkan bagi perusahaan manufaktur, karena terlepas dari apakah bisnisnya besar atau kecil, manufaktur melibatkan banyak proses. Sistem terpadu akan memungkinkan transfer informasi yang efisien dari satu aspek bisnis ke aspek lainnya dan agar kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mulus.

Software ERP Software as a Service (SaaS) yang baik akan membantu mengelola proses manufaktur dari awal hingga akhir, dari pesanan pelanggan, tingkat stok, jadwal produksi hingga kontrol kualitas.

Pilih ERP manufaktur dan perakitan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis

Dapatkan solusi ERP yang akan membantu menyelesaikan tantangan serta “kesakitan” perusahaan dan cocok untuk bisnis. PilihlahSoftware ERP yang sudah memiliki pengalaman dalam industri yang sama dan pastikan memiliki flesibilitas yang terbatas untuk fitur dan luas untuk pelaporan. Mengapa terbatas untuk modul? Iya, semakin fleksibel modul yang ditawarkan maka akan semakin rumit dan “tidak jelas” sebuah sistem dengan kustomisasi yang luas akan kehilangan fungsi kontrol yang dibutuhkan.

Lihatlah fitur ERP dengan hati-hati, karena setiap jenis industri memiliki kebutuhan standart yang berbeda-beda. Pilihlah Software ERP yang sudah memiliki fitur-fitur utama manufaktur, sistem generik tetaplah yang terbaik karena sudah teruji di berbagai perusahaan sejenis. Ingat, pilihlah yang sudah memiliki pengalaman dalam industri manufaktur untuk mengindari kustomisasi yang berlebihan.

Implementasi yang baik adalah kuncinya

Dalam implementasi sistem ERP ke bisnis apa pun adalah proyek itu sendiri. Sistem ERP sebagai alat manajemen dalam memperkuat proses bisnis dan menyederhanakan proses bisnis yang tidak efisien. Jadi perencanaan yang cermat dan alokasi sumber daya adalah kunci keberhasilan implementasi ERP.

Pertama, identifikasi semua proses yang bisnis di perusahaan, temukan prosesnya dalam sistem ERP untuk mendukung dan kemudian hati-hati mempertimbangkan berbagai faktor - seperti sumber daya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem. Siapkan PIC khusus sebagai “pimpinan” implementasi software ERP, pilihlah orang terbaik yang memahami seluk beluk bisnis di perusahaan.

Pengaturan waktu juga merupakan pertimbangan utama. Ada baiknya perlu mempertimbangkan fungsi inti mana yang harus diterapkan terlebih dahulu sebagai pendekatan bertahap selama periode yang akan menyebabkan lebih sedikit gangguan dan memberikan periode transisi selama migrasi..

Baca Juga : KEGAGALAN IMPLEMENTASI ERP : HUMAN ERROR

turboly.com