4 Tips Training Online ERP yang Efektif

image

Dewasa ini perusahaan baik skala menengah maupun besar memanfaatkan dan sangat bergantung pada Software Enterprise Resource Planning (ERP) untuk mengelola, mengatur, dan menganalisis data. Mulai untuk pencatatan penjualan, mencatat expense perusahaan hingga untuk berinteraksi dengan customer melalui modul Customer Realtionship Management (CRM). Software ERP akan membuat setiap bagian di perusahaan tetap terhubung dan memastikan bahwa setiap departemen memiliki akses ke informasi yang mereka butuhkan. Dalam perjalanannya, Software ERP selalu mengalami peningkatan fungsi baik minor atau kecil hingga perubahan dan peningkatan yang cukup besar, maka tak jarang karyawan sebagai user memerlukan training untuk meng-update informasi dan kemampuan mereka dalam mengoperasikan Software ERP. Lalu, bagaimana jika training harus dilakukan pada saat kondisi tidak memungkinkan untuk bertatap muka? Berikut adalah 6 tips utama untuk membantu bagaimana training Software ERP secara online dapat tetap berjalan dengan efektif :

1. Tetapkan Target dan Tujuan Training

Setiap perusahaan memiliki tujuan dan sasaran yang berbeda dalam hal Software ERP. Beberapa ingin meningkatkan hubungan pelanggan, sementara yang lain perlu aktivitas yang lebih ramping. Karena alasan ini, maka harus dengan jelas menetapkan harapan dan hasil yang diinginkan saat akan melakukan training secara online. Selalu berkomunikasi dan diskusi dengan kepala departement untuk mempelajari bagaimana mereka menggunakan aplikasi ERP dalam rutinitas sehari-hari mereka. Lakukan evaluasi untuk mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan karena setiap departemen akan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

2. Melakukan Simulasi Software ERP

Cara paling efektif untuk memberikan pengalaman simulasi adalah cara menekan kesalahan yang bisa jadi pengalaman yang “mahal”. Simulasi dan trial akan memberi karyawan kemampuan untuk menjelajahi setiap sisi Software ERP, termasuk semua fitur yang akan mereka gunakan di tempat. Penyedia jasa Software ERP akan selalu aktif untuk memberikan feedback dan rekomendasi yang disesuaikan berdasarkan hasil simulasi, misalnya dengan memberikan video dan tutorial pelatihan online yang memandu mereka melalui fungsi ERP tertentu.

3. Tugas Target Untuk Memberikan Pelatihan Online Sesuai Kebutuhan

Departemen yang berbeda di perusahaan akan menggunakan berbagai fungsi Software ERP. Beberapa mungkin membutuhkannya untuk tujuan pemasaran, sementara yang lain menggunakannya untuk meningkatkan peringkat kepuasan pelanggan. Dengan demikian, training Software ERP secara online berbasis tugas yang ditargetkan untuk setiap departemen .Hal ini membuat pelatihan online menjadi relevan, relevan, dan menempatkan semuanya ke dalam konteks. Dengan demikian, karyawan akan dapat melihat manfaat dari training Software ERP secara online.

4. Buat Strategi Training Software ERP Secara Online

Perusahaan akan terus tumbuh dan berkembang. Khususnya pada industri Ritel dimana selalu muncul cara promosi yang baru dan perubahan ini harus dapat dilakukan pada Software ERP. Maka, pemahaman user akan fitur-fitur baru Software ERP juga harus terus diperbaharui, hal inilah yang membuat training Software ERP secara online dapat dilakukan secara reguler dan dipantau efektivitasnya. Training secara online bertujuan agar karyawan tetap mendapatkan informasi dan kemampuan terbaru meskipun berjalan di kondisi yang tidak memungkinkan untuk training secara bertatap mukan. Penting juga untuk menekankan pentingnya training Software ERP dalam kaitannya dengan kesuksesan perusahaan.

Software ERP menawarkan data intelijen bisnis yang berharga yang dapat memastikan kesuksesan masa depan perusahaan. Namun, tahap training Software ERP yang efektif adalah kunci untuk memaksimalkan Software ERP menjadi alat yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Baca Juga : STRATEGI IMPLEMENTASI SISTEM ERP SECARA ONLINE

turboly.com