Cara Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

image

Loyalitas pelanggan adalah salah satu aset besar bagi perusahaan ritel. Pelanggan yang loyal akan selalu berdampak positif bagi penjualan dan hal ini tidak bisa dibantahkan lagi. Tapi, loyalitas pelanggan juga bukan suatu hal mudah yang bisa dicapai oleh perusahaan ritel, prosesnya panjang apalagi di beberapa periode terakhir dimana persaingan ritel cukup ketat dengan berbagai macam variasi benefit yang ditawarkan kepada pelanggan membuat loyalitas pelanggan bisa dicapai dengan proses dan waktu yang panjang.

Lalu bagaimana cara mendapatkan hati dan loyalitas dari pelanggan yang sesuai harapan? Ada 1 cara yang cukup efektif yaitu pendekatan kepada pelanggan.

Loyal artinya setia, jadi loyalitas pelanggan bisa diartikan dengan kesetiaan pelanggan dengan merk yang kita jual. Semakin terikat pelanggan dengan merek kita artinya pelanggan akan “terikat” dengan bisnis yang kita jalankan dan percaya dengan kita. Ada banyak faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan, diantaranya :

Kualitas produk

Kualitas produk yang baik dibandingkan akan mendorong pelanggan untuk selalu setia dengan merek yang kita tawarkan. Maka dari itu sangat penting untuk tetap menjaga kualitas produk dengan baik, jika produk kita produksi sendiri maka, jagalah kualitas produksi agar tetap konsisten. Jika produk kita dapatkan dari supplier, maka pastikan kita memiliki supplier yang terpercaya yang selalu bisa memenuhi kebutuhan kita.

Kualitas layanan

Tanpa disadari atau tidak, pelanggan saat ini cenderung “manja” mereka akan lebih senang jika mendapatkan layanan yang personal, khususnya jika produk yang kita jual memiliki nilai yang tinggi. Semakin baik layanan dan kualitas produk yang kita jual maka harga akan menjadi nomor kesekian.

Layanan Purna Jual

Untuk beberapa jenis ritel seperti autoshop, elektronik dan bengkel. Layanan purna jual sangatlah penting. Layanan purna jual-lah yang bisa mempengaruhi keputusan akhir pembelian pelanggan dan loyalitas mereka. Jika kita menjual atau memberikan jasa yang cukup mahal tentunya layanan purna jual yang excellent merupakan suatu keharusan.

Benefit pelanggan

Benefit adalah persaingan sesungguhkan dengan kompetitor. Kita boleh saja mempunyai 3 point diatas, tapi jika pelanggan merasa tidak mendapatkan benefit “lebih” sedangkan toko sebelah memiliki 3 point diatas dengan rata-rata tapi memberikan benefit lebih kepada pelanggan maka loyalitas pelanggan bisa saja sedikit goyah. Maka biasanya untuk “mengikat” pelanggan biasanya perusahaan ritel akan memberikan program loyalitas pelanggan dengan membership point, diskon membership, hadiah undian dan sebagainya. Dalam hal loyalitas pelanggan pemberian benefit kepada pelanggan bukanlah hal yang krusial tapi merupakan hal yang paling penting.

Selalu berorientasi pada pelanggan dan fokus untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Seiring berjalannya waktu, loyalitas pelanggan akan tumbuh dengan sendirinya.

Baca Juga : MANFAAT SEGMENTASI PELANGGAN DALAM USAHA RITEL

turboly.com