Tips Usaha Bengkel Melewati Covid-19

image

Industri jasa otomotif atau bengkel ikut kena dampak selama masa pandemi Covid-19 saat ini, mengingat ada kebijakan aktivitas diluar rumah yang dibatasi. Tapi, industri jasa seperti bengkel masih tetap bisa berjalan selama bisa menangkap respon pasar dan beradaptasi dengan kondisi dan situasi terkini.

Berikut adalah tips dan strategi usaha bengkel agar tetap dapat berjalan selama masa pandemi :

Manfaatkan Media Sosial

Bukan lagi rahasia, media sosial, seperti Facebook, Instagram, bisa dijadikan sebagai platform promosi yang sangat efektif. Jika bengkel Anda belum memiliki media sosial, hal ini wajib di coba. Hampir semua bisnis saat ini menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggannya dan juga dijadikan platform marketing untuk menjaring pelanggan baru. Agar menarik, buatlah konten mengenai edukasi, DIY (Do it Yourself), tips-tips ringan mengenai otomotif untuk menjaring pelanggan baru.

Inovasi Hal Baru

Bengkel Anda pasti memiliki tim yang berbakat dan berpengetahuan luas di bidang solusi otomotif. Maka, jangan takut untuk mencoba hal baru agar bisnis tetap berjalan. Cobalah tawarkan layanan “home service” yang sifatnya service ringan kepada pelanggan Anda. Karena kita tahu mobil/ motor tetap wajib dirawat secara rutin meskipun tidak digunakan. Ini adalah peluang yang menarik untuk menjangkau paling tidak pelanggan setia Anda, adalah bonus jika melalui media sosial bisa mendapatkan pelanggan baru. Ketika dunia tampaknya berubah sekaligus, kita bisa berubah dengannya. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman.

Jangan Tidak Melakukan Apapun

Hari ini adalah peluang baru bagi bisnis untuk bertahan. Putar pola pikir dan strategi untuk memanfaatkannya. Pelanggan potensial perlu tahu bahwa bengkel tetap melayani tapi dengan cara yang berbeda, beradaptasi, dan responsif selama keadaan yang berubah. Aktif di media sosial dan buat beberapa pembaruan ke situs web untuk menunjukkan hal itu. Jangan anggap selama masa pandemi ini sebagai liburan.

Jangan Biarkan Komunikasi Terputus

Komunikasi dengan pelanggan dan karyawan sangat penting. Biarkan pelanggan tahu bahwa layanan tetap beroperasi. Penting untuk menarik perhatian, karena banyak bisnis lain tutup. Biarkan pelanggan tahu layanan apa saja yang bisa ambil. Pastikan staff di bengkel mendapat informasi terbaru tentang perubahan dan taktik mitigasi selama masa pandemi.

Tetap Jaga Level Persediaan

Masa pandemi seperti sekarang adalah masa yang penuh ketidakpastian. Maka dari itu, untuk mendukung bengkel tetap memberikan layanan-layanan baru kepada pelanggan, perlu dipastikan bahwa kita memiliki tingkat persediaan yang cukup. Fokuskan pada produk-produk yang termasuk dalam jasa Home Service, manfaatkan Sistem Point of Sale (POS) selain sebagai alat mencatat penjualan juga sebagai alat kontrol stok persediaan.

Berada di industri jasa membuat kita tahu betapa pentingnya sebuah layanan berkualitas bagi keberhasilan bisnis. Sekarang adalah waktu untuk menunjukkan betapa hebatnya tim Anda dalam melangkah melampaui harapan pelanggan. Layanan dapat berlanjut, dengan penyesuaian untuk memenuhi standar kesehatan dan keselamatan yang direkomendasikan.

Baca Juga : BAGAIMANA PERUSAHAAN KECIL DAPAT BERTAHAN DI MASA KRISIS?

turboly.com