3 Cara untuk Mempertahankan Pelanggan dan Meningkatkan Penjualan

image

Pernahkan Anda tahu bahwa 80 persen dari pendapatan toko ritel berasal dari 20% customer lama Hal ini merupakan potensi yang sering diabaikan dan bisnis ritel selama ini terlalu fokus bagaimana mendapatkan pelanggan baru serta menempatkannya sebagai prioritas.

Berikut adalah tips untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan pendapatan dari mereka :

1: Kenali Kompetitor

Memberikan lebih dari apa yang diharapkan pelanggan selalu merupakan hal yang baik. Terutama jika dibandingkan dengan kompetitor Anda. Pahami realitas di mana dan bagaimana target pelanggan Anda berbelanja. Temukan perjalanan pelanggan hingga mereka bisa berbelanja di toko Anda dan kenapa pelanggan memilih berbelanja di toko Anda dibandingkan dengan kompetitor, hal ini untuk mengetahui kekuatan Anda dibandingkan dengan kompetitor.

2: Buatlah Survey Pelanggan

Ritel telah berubah dan layanan pelanggan adalah kunci kesuksesan dalam bisnis ritel. Maka jangan ragu untuk mulai meminta feedback dari pelanggan Anda. Jangan risi dengan apa yang mereka sampaikan walaupun terkadang menyakitkan, tapi kita harus bisa menempatkan posisi sebagai pelanggan dan selalu terbuka untuk menerima kritik dan saran dari mereka. Hal ini merupakan salah satu cara agar Anda benar-benar memahami mereka. Dalam proses ini, Anda akan mendapat manfaat menjaga pelanggan lebih loyal.

3: Menawarkan Insentif Kepada Pelanggan Loyal

Mendapatkan dan menjaga perhatian pelanggan tidak mudah. Ini adalah proses panjang dan berkelanjutan. Tampilan toko, reputasi toko, kualitas produk dan pelayanan karyawan toko Anda, merupakan salah satu faktor keputusan pembelian pelanggan. Insentif pelanggan melalui program loyalitas dan membership adalah cara yang tepat untuk membantu meningkatkan peluang ini. Program loyalitas dan membership merupakan salah satu alat pengikat agar pelanggan datang kembali ke toko.

Upaya berkelanjutan untuk mendorong loyalitas pelanggan dengan kemampuan terbaik yang Anda miliki akan membantu Anda mendapatkan penjualan yang lebih banyak.

Baca Juga : CARA KERJA CUSTOMER LOYALTY PROGRAMS?

turboly.com