5 Jenis Strategi Promosi Sederhana

Apakah Anda pernah tidak yakin akan promosi penjualan yang Anda buat di toko? Apakah Anda ide promosi tersebut sudah Anda susun dengan matang untuk mencapai tujuan yang Anda harapkan? Berikut adalah 5 jenis promosi penjualan yang populer yang dapat diterapkan pada penjualan offline maupun online yang akan membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar.

1. Produk Diskon

Memberikan diskon penjualan mungkin merupakan jenis promosi paling populer. Mayoritas pelanggan sangat senang saat mendapatkan diskon. Jadi tidak ada salahnya untuk menawarkan diskon produk. Ada 2 opsi diskon produk agar terlihat menarik bagi pembeli yaitu secara persentase dan nilai. Selalu pertimbangkan tujuan dari promosi diskon ini dan pastikan untuk tidak terus-menerus melakukan penjualan agar pelanggan tidak menganggap hal ini hanya gimmick semata.

2. Pengiriman Gratis / Pengembalian Gratis

Menurut pelaku bisnis online, 80% pelanggan akan lebih tergoda untuk membeli dari jika mereka ditawari pengiriman gratis. 50% dari mereka dapat mengkonversi menjadi penjualan. Selain itu, penawaran pengembalian gratis juga bisa meningkatkan penjualan karena hal ini dianggap sebagai “asuransi” oleh konsumen jika ternyata produk tidak sesuai dengan harapan mereka.

3. Flash Sale/ Penjualan Kilat

Penjualan kilat/ flash sale pada dasarnya adalah penawaran yang hanya berlangsung untuk waktu yang terbatas dan ini merupakan cara yang bagus untuk menciptakan rasa urgensi bagi pelanggan untuk membeli. Banyak retailer sekarang mengadopsi strategi ini sebagai cara untuk menjual lebih banyak produk dan menyingkirkan kelebihan stok.

4. Beli Lebih Banyak, Lebih Hemat

Kesepakatan semacam ini mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak. Akan ada banyak pelanggan potensial yang mengunjungi toko. Pada strategi ini, Anda tidak perlu menawarkan diskon besar, tetapi pastikan itu cukup menarik untuk mengonversi pengunjung menjadi pembeli tanpa membuat mereka merasa menyesal.

5. Produk Berhadiah

Semua orang suka gratisan, jadi ini promosi yang bagus. Tidak hanya memberikan kesempatan kepada pelanggan potensial untuk membeli produk Anda. Maka pikirkan untuk membuat beberapa hadiah barang berguna yang dapat Anda tawarkan pada setiap pembelian. Jika Anda ingat promosi produk sabun gratis piring, maka itu adalah salah satu promosi yang efektif.

Baca Juga : TIPS PENAWARAN GRATIS ONGKIR

www.turboly.com