Maksimalkan Laporan Akuntansi Untuk Masa Depan Bisnis

Akuntansi dan keuangan merupakan salah satu point penting bagi perusahaan modern. Banyak perusahaan enggan melakukan pencatatan akuntansi dan keuangan karena dianggap rumit dan dan memakan waktu. Tapi sekarang, berkat software akuntansi, pencatatan aktivitas keuangan enjadi semakin menarik bagi perusahaan. Software Akuntansi seperti Turboly Cloud ERP memungkinkan pengguna untuk mempercepat prosedur akuntansi dan menginvestasikan waktu untuk mendapatkan lebih banyak wawasan dari ini dalam laporan.

Bagaimana sebuah laporan dapat memberikan tambahan wawasan yang akan membantu strategi perusahaan dan dapat digunakan sebagai dasar yang bagus untuk rencana bisnis masa depan Anda?

Berikut adalah tiga laporan utama yang pasti layak untuk diinvestasikan.

Cash Flow

Uang tunai, manajemen yang bijak memahami bagaimana modal kerja terkait dengan aktiva tetap kurang menguntungkan daripada modal kerja yang lebih cair. Laporan Cash Flow menampilkan pergerakan jumlah uang kas dan uang di rekening bank. Secara sederhana, ini menjelaskan dari mana uang Anda berasal dan ke mana ia keluar. Ini akan memberi Anda informasi tentang apakah suatu perusahaan mengelola piutang dan persediaan-nya secara efisien.

Indikator kunci ini dihitung dalam beberapa hari karena semuanya tentang waktu: berapa lama bagi perusahaan untuk mengumpulkan pada penjualan dan berapa lama bagi perusahaan untuk menyerahkan persediaan. Jika siklus (atau rentang waktu) cepat, ini menunjukkan pengelolaan uang tunai yang sehat sebagai aset utama.

A/R dan A/P Aging

Mengetahui usia hutang dan piutang sangatlah penting. Dalam hal ini, usia mengacu pada rentang waktu di mana hutang dan piutang dibayarkan. Pesan penting di balik laporan ini adalah membantu perusahaan untuk memiliki gambaran yang lebih jelas tentang hutang dan piutang serta prioritas mereka.

Laporan hutang yang sudah tua membantu Anda mengawasi dengan cermat apa yang Anda berhutang kepada supplier. Melalui laporan ini, Anda akan memiliki pandangan yang jelas dan rasional yang akan memungkinkan Anda mengambil keputusan tentang pengelolaan hutang - haruskah Anda membayar vendor besar terlebih dahulu atau mereka yang memiliki hutang lebih lama? Sedangkan untuk laporan piutang yang sudah tua, pandangan yang bersih tentang pelanggan yang berutang kepada Anda dapat berguna dalam lebih dari satu cara. Contoh yang menarik adalah tindak lanjut. Bayangkan Anda memiliki sedikit waktu dan banyak pelanggan untuk dihubungi - Anda pasti ingin menggunakan waktu terbatas Anda dengan cara yang paling efektif sehingga waktu yang Anda habiskan untuk mengejar akan menghasilkan uang sebanyak mungkin. Laporan ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan rutin tindak lanjut Anda: pilih apakah Anda ingin memprioritaskan pelanggan dengan pembayaran luar biasa besar, atau pelanggan yang utangnya tidak dibayar lebih lama. Ingatlah bahwa dalam bisnis, hubungan yang sehat antara waktu dan kas adalah dasar dari segalanya.

Laporan Perubahan Modal

Seperti disebutkan di atas, kas adalah pondasi utama. Tanpa kas, tanpa investasi, tanpa dividen yang membayar, tidak ada pengembangan produk baru, tidak ada pengurangan hutang, tidak ada pertumbuhan. Uang tunai di bank adalah yang diinginkan perusahaan. Inilah sebabnya mengapa laporan pemegang saham adalah indikator utama. Laporan menunjukkan imbal balik yang mampu diciptakan perusahaan, dari sana maka para pemegang saham dapat menentukan untuk menambah nilai investasi, melepas investasi atau membantu memberikan masukan kepada manajemen menentukan arah perusahaan. yang diperlukan untuk mempertahankan atau menambah basis asetnya telah dicairkan.

Baca Juga : DISKUSI:SISTEM ERP VS SISTEM AKUNTANSI TERINTEGRASI

www.turboly.com