Sederet Tugas Staff AR

Pada finance dan akunting memiliki beberapa posisi untuk mendukung agar proses akuntansi menjadi lebih lancar. Salah satu diantaranya adalah Account Receivable Staff. Posisi ini memegang peranan penting pada perusahaan karena bertanggung jawab atas mengatur dan mengendalikan proses penerimaan uang perusahaan tetap terkendali dan sesuai perencanaan yang dibuat oleh perusahaan melalui manager accounting dan finance. Sebelum kita pribadi melaksanakan pembahasan mengenai jobdesk, kiprah dan tanggung jawab dari posisi satu ini, sudahkah anda memahami apa pengertian dari Account Receivable Controller itu sendiri?

Dalam kesehariannya, seorang Account Receivable Staff mempunyai beberapa peran diantaranya :

Melakukan Pengecekan Tagihan Bulanan Dan Melakukan Analisa Dari Awal Hingga Akhir

Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi karena diperlukan agar dapat menganalisa dengan baik bagaimana proses penagihan dan penerimaan yang dimiliki oleh perusahaan dari awal sampai selesai dan menciptakan kesimpulan dari kualitas pelanggan dari sisi kemampuan financial yang bertujuan untuk menentukan credit limit dan Term of Payment.

Mengecek dan Mengalokasikan Tagihan Pelanggan

Staff AR juga memiliki tugas untuk menganalisa dan melaksanakan pengecekan terhadap tagihan pelanggan. Apakah sudah terealisasi dengan baik? Apakah pelanggan memahami tanggung jawabnya, dan beberapa aspek lain yang berafiliasi dengan sinerginya proses penagihan dari perusahaan anda terhadap pelanggan.

Melakukan Pengecekan atau Rekonsiliasi data AR Balance Bulanan

Selanjutnya ada juga diperlukan bisa menciptakan pembiasaan data (rekonsiliasi) aktual dengan data yang ada di buku besar dan memastikan keseimbangan penagihan perusahaan (AR balance) dalam tempo satu bulan. Dibutuhkan data data pendukung untuk memastikan kelancaran proses ini.

Menyediakan Daftar Penagihan Untuk Manajer Akuntansi dan Keuangan

Untuk pelanggan yang menunggak, maka diperlukan daftar nama pelanggan dan menganalisa mana yang alasan keterlambatannya realistis dan mana yang tidak. Membuat laporan dan atasan akan berguna untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk menangani kondisi ini. Tapi tidak jarang di beberapa perusahaan, account receivable staff yang mempunyai kiprah untuk melaksanakan penagihan terhadap pelanggan yang menunggak tanpa harus berkoordinasi dengan atasan terlebih dahulu dan hanya mengacu pada data saja.

Mengimplementasikan Syarat dan Ketentuan Perjanjian Finansial Dengan Para pelanggan

Dalam setiap kesepakatan yang didapat dengan pelanggan anda diperlukan bisa menciptakan pelanggan memahami apa saja intisari dan poin poin yang ada di dalam ketentuan kerjasama tersebut, terutama yang berkaitan dengan persoalan pembayaran dari pelanggan

Memperbarui Perkiraan Cashflow Penerimaan dan Tunggakan AR

Selain melaksanakan penagihan dan kiprah tugas di atas, anda juga harus memperkirakan cashflow perusahaan dilihat dari keseimbangan antara jumlah penagihan dari pelanggan yang berhasil dan yang menunggak. Mengenai estimasi waktu updatenya, biasanya setiap perusahaan mempunyai kebijakan yang berbeda beda.

Baca Juga : 3 CARA UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DAN MENINGKATKAN PENJUALAN

www.turboly.com