4 Tips Memberikan Sales Quotation yang Efektif

image

Banyak bisnis B2B mendapatkan customer baru dengan memanfaatkan Sales Quotation atau Surat Penawaran yang menghasilkan Purchase Order (PO). Namun, banyak yang mungkin tidak menyadari bahwa kecepatan dan keakuratan pembuatan Sales Quotation berdampak negatif pada tingkat konversi. Lebih buruk lagi adalah jika Sales Penawaran tidak di follow up oleh tim sales.

Berikut adalah beberapa tips mudah untuk meningkatkan keefektifan alat penawaran penjualan gratis Anda:

1. Pastikan penawaran penjualan Anda dibuat dengan benar

Penawaran penjualan sering kali merupakan kesan pertama yang didapat calon pelanggan tentang bisnis dan produk yang Anda jual. Setiap surat penawaran yang Anda kirimkan harus memberi tahu prospek pelanggan sedikit tentang perusahaan dan juga termasuk rincian jenis produk dan harganya

2. Kirim penawaran dalam 24 jam

Tahapan sales dalam bisnis B2B akan ada pertemuan dan komunikasi antara tim sales dengan calon pelanggan. Ada baiknya setelah pertemuan tersebut surat penawaran harus segera dikirimkan, untuk membantu proses mempersiapkan surat penawaran dengan cepat gunakanlah Software Cloud ERP yang dapat mempersiapkan Sales Quotation dengan cepat dan mengirimkan penawaran harga dan langsung mengirimkannya. Jangan mengirimkan surat penawaran lebih dari 24 jam sejak komunikasi awal. Software Cloud ERP akan memberikan efisiensi waktu dan membantu Anda merespons peluang kapan saja, di mana saja - tanpa perlu kembali ke kantor untuk membuat penawaran harga.

3. Follow Up Setelah dikirimkan

Terkadang, tahapan bisnis atau industri menentukan kapan Anda harus menindaklanjuti. Namun, tidak ada salahnya untuk sekadar menindaklanjuti melalui email dalam satu jam pertama saat calon pelanggan masih memikirkan penawaran Anda. Lakukan follow up ringan dengan mengirimkan pesan singkat.

4. Jangan Menelpon prospek kecuali tanpa ijin terlebih dahulu

Sebagian besar calon pelanggan hanya mencari gambaran kasar tentang biaya dan mereka tidak ingin terjebak dalam diskusi penjualan yang panjang. Email yang disertakan dengan surat penawaran bisa sangat baik memulai percakapan yang lebih dalam tetapi menghargai waktu prospek.

Baca Juga : CARA SEDERHANA AGAR PENGIRIMAN EFISIEN PADA BISNIS B2B

turboly.com