image

Bagaimana Memulai Usaha Toko Sepeda

Kehidupan new normal mulai membawa banyak kebiasaan baru di Indonesia, salah satu contoh nyata adalah bersepeda. Semakin banyak orang menggunakan sepeda akan menjadi peluang bagus bagi produsen sepeda hingga toko sepeda ritel. Secara keseluruhan, ada beberapa karakteristik khusus untuk mencapai kesuksesan dalam membuka toko sepeda dan menjaganya tetap berjalan dengan baik. Simak ulasan berikut

1. Jadikan Toko Sepeda Anda Unik

Seperti bidang ritel kompetitif lainnya, penting bahwa bisnis Anda menonjol dari yang lain. Bagi penggemar bersepeda dan pemilik usaha kecil, ini bisa datang dalam berbagai cara.

  • Temukan cara untuk membuatnya terjangkau.. Mungkin Anda berada di area tempat Anda dapat menawarkan sepeda yang lebih murah dan lebih bermanfaat. Ini dapat membuka basis pelanggan baru yang sangat besar untuk banyak toko sepeda.
  • Tawarkan layanan khusus. Anda juga dapat melayani pembeli kelas atas. Para profesional dan penggemar bersepeda, tentu saja mencari yang terbaik. Ini adalah pasar kecil, tetapi akan menghabiskan lebih banyak uang. Bahkan menawarkan roda, rem, rangka, atau roda gigi khusus saja dapat membuat toko sepeda sukses.
  • Pamerkan produk luar biasa Anda di toko Anda dan secara online. Menciptakan estetika yang indah di sekitar merek Anda sangatlah penting akhir-akhir ini. Ini termasuk mendesain toko dan tampilan dengan baik. Ini juga berarti menciptakan kehadiran yang berkesan di media sosial. Jika Anda sudah siap untuk distribusinya, pertimbangkan juga untuk menambahkan sisi eCommerce ke bisnis Anda.

2. Berikan Layanan kepada Pelanggan Anda Di area tempat bersepeda populer, Anda akan menghadapi lebih banyak persaingan. Mengubah toko sepeda Anda menjadi lebih dari sekadar pengalaman ritel sederhana adalah cara yang bagus untuk menarik pelanggan baru.

*Pikirkan tentang jenis layanan apa yang layak untuk toko Anda. Bagi banyak orang, ini berarti memandu trek dengan panjang yang berbeda-beda. Jika Anda berada di dekat jalan setapak yang panjang, ini bisa menjadi tamasya beberapa hari dengan kelompok kecil atau perjalanan yang lebih singkat untuk tim yang lebih besar. Pikirkan tentang semua logistik dan susun rencana. * Layanan populer lainnya untuk banyak toko sepeda adalah tune-up gratis. Jika pelanggan Anda menghabiskan banyak waktu pada sepeda mereka, mereka akan membutuhkan perawatan rutin. Menawarkan tuneup gratis untuk satu atau dua tahun pertama kepemilikan membuat orang merasa lebih nyaman dengan pembelian besar. * Bagaimana dengan kelas? Pendidikan adalah cara yang mengundang untuk membawa orang yang baru mengenal olahraga. Buka toko Anda untuk kelas kecil setiap akhir pekan. Ini tidak akan terlalu menakutkan bagi banyak orang, membuka pasar baru untuk bisnis Anda. Selain itu, jika dilakukan dengan baik, kelas pada akhirnya dapat menggantikan layanan tuneup Anda!

3. Menjadi Bagian dari Komunitas

Kebanyakan pengendara sepeda menghargai persahabatan dan kebersamaan. Ada budaya di sekitarnya dan penting untuk memfasilitasi ini dalam basis pelanggan Anda.

  • Untuk pengalaman berskala lebih kecil, adakan pertemuan atau pertemuan rutin di sekitar kota. Anda bisa bertemu kedai kopi lokal untuk mendukung bisnis tetangga dan kemudian pergi keluar untuk seharian berkendara.
  • Penting juga untuk melihat acara dan amal lokal. Seperti halnya dengan semua UKM, menempatkan diri Anda di panggung lokal sangatlah penting. Ini menunjukkan bahwa Anda berinvestasi lebih dari sekadar menghasilkan keuntungan. Miliki stan di semua acara lingkungan yang relevan, terutama yang diselenggarakan di luar ruangan.

4. Memberikan Layanan Pelanggan Yang Sangat Baik

Salah satu aspek tersulit dalam membeli sepeda baru adalah mengetahui bahwa Anda benar-benar mendapatkan apa yang Anda bayar. Jadi, sangat penting bagi toko sepeda untuk memberikan layanan pelanggan yang andal dan terpercaya. Pekerjakan penggemar bersepeda dan lakukan program pelatihan yang ketat untuk semua karyawan baru. Layanan pelanggan toko sepeda yang hebat melibatkan pengetahuan produk yang luas, tetapi ini juga merupakan bentuk seni: Anda harus menyesuaikan peralatan yang tepat dengan pelanggan yang tepat.

5. Dapatkan Teknologi yang Tepat dan Sistem POS Ritel Toko Sepeda

Toko sepeda modern membutuhkan sistem POS toko sepeda modern. Mengelola semua inventaris itu adalah salah satu aspek tersulit dalam memiliki toko sepeda. Suku cadangnya mahal dan sering kali perlu dipesan dari produsen khusus. Oleh karena itu, cadangan dalam manajemen rantai pasokan dapat merugikan toko Anda. Penting untuk menghindari stok habis dalam waktu lama. Dan pada saat yang sama, sebagian besar toko tidak mampu untuk kelebihan stok dengan peralatan mahal tersebut.

Toko sepeda juga membutuhkan manajemen hubungan pelanggan dan program loyalitas yang baik. Memiliki file di setiap pembeli memungkinkan tim Anda memberikan layanan yang lebih baik di masa mendatang.

Baca Juga : MENGAPA TOKO HANDPHONE MEMBUTUHKAN SISTEM ERP?

www.turboly.com