Serba Serbi Piutang Dagang

image

Apa itu piutang dagang?

Piutang adalah proses mengelola uang yang terutang kepada perusahaan oleh klien atau pelanggan. Piutang merupakan kebalikan dari hutang. Biasanya, A/R atau piutang terutama berkaitan dengan faktur. Faktur atau invoice pada dasarnya berfungsi sebagai dokumen kredit untuk pelanggan, yang menunjukkan berapa banyak hutangnya dan kapan jatuh tempo. Proses A/R melacak di mana kredit itu dikeluarkan, berapa banyak yang harus dibayar, kapan tagihan itu jatuh tempo, dll.

Penting untuk memiliki proses A/R yang solid untuk menjaga arus kas tetap stabil dan memastikan bahwa bisnis Anda dibayar segera untuk layanannya. A/R memastikan bahwa faktur dikirim ke orang yang tepat dan dibayar kembali tepat waktu.

Bagaimana proses piutang dagang?

Sederhananya, proses piutang dagang terdiri dari:

  • Mengirim faktur
  • Penagihan faktur
  • Menerima pembayaran
  • Memperbarui akun pelanggan

Pertama, Anda mengirimkan faktur secara teratur saat pelanggan membeli barang dan jasa. Sistem akuntansi seperti Turboly Cloud ERP, yang akan membantu Anda melacak faktur.

Anda kemudian membuat laporan umur piutang (A/R Aging) yang menunjukkan status setiap faktur, termasuk berapa lama setiap faktur telah beredar. Lakukan analisa piutang/ A/R dimulai dengan faktur terbesar yang masih belum dibayar, dan selidiki latar belakang setiap faktur. Dari sana, Anda menindaklanjuti pelanggan sesuai kebutuhan melalui email, telepon, atau surat untuk mengingatkan mereka bahwa faktur mereka telah lewat jatuh tempo. Ini bisa dilakukan secara manual atau otomatis melalui email yang dikirimkan oleh Sistem Akuntanso

Anda kemudian menerima pembayaran, biasanya dalam bentuk cek, giro atau transfer bank, dan periksa penerimaan terhadap jumlah yang jatuh tempo.

Terakhir, Anda memperbarui akun dalam berbagai sistem Akuntansi untuk mencerminkan pembayaran. Ini termasuk memasukkan jumlah dan tanggal pembayaran ke dalam sistem akuntansi atau ERP.. Anda juga dapat menambahkan catatan ke salah satu program tersebut tentang status akun pelanggan. Yang terpenting, sebagian besar dari pendekatan kepada pelanggan yang masih memiliki tunnggakan.

Baca Juga : BAGAIMANA SOFTWARE ACCOUNTING BERBASIS CLOUD MENDUKUNG BISNIS

turboly.com