image

Strategi Pre-Order Dalam Bisnis Retail

Pre-order merupakan salah satu strategi pemilik brand untuk menarik minat para pelanggan setianya. Dalam bisnis retail, Pre-Order sangat penting untuk peluncuran produk yang sukses. Oleh karena pentingnya hal ini, ada beberapa strategi dan rekomendasi dalam proses Pre-Order :

Sebelum Pre-order

  • Membangun kesadaran pelanggan melalui pengoptimalan mesin pencari, pemasaran konten, iklan berbayar, media sosial, dan acara yang berfokus pada penggemar harus dilakukan sejak dini, bahkan sebelum halaman produk selesai.
  • Kumpulkan paket khusus online eksklusif yang menyertakan item yang akan membedakan produk dari apa yang akan ditawarkan retailer. Ini sangat penting untuk pra-penjualan game karena konsumen telah mengharapkan tingkat eksklusivitas dengan paket pra-penjualan. Insentif luar biasa lainnya adalah semacam bonus pre order yang terkait dengan produk inti tetapi menawarkan nilai tambahan bagi konsumen, seperti panduan eksklusif atau akses ke bonus atau level dalam game.
  • Khusus untuk edisi kolektor, halaman produk harus menyertakan deskripsi mendetail tentang penawaran tambahan dan gambar fitur secara mencolok (di bagian atas halaman jika memungkinkan). Produk yang prapesannya berkinerja buruk tidak menyertakan citra item kolektor atau item eksklusif sulit ditemukan di halaman landing. Merek harus bermitra dengan blog, youtuber, influencer, dan media sosial tempat pelanggan dapat di-sapa. Memberikan informasi lebih awal adalah kunci untuk membuat penggemar bersemangat tentang rilis yang akan datang dan ingin membuat pesanan di muka.

Selama Peluncuran Pre-Order

  • Saat traffic meningkat manfaatkan ini untuk mendapatkan informasi tambahan. Misalnya, dapat mengumpulkan alamat email pelanggan pada tahap ini untuk membuat daftar pemasaran email nanti. Dengan lebih dari 50 persen pengunjung pre-order menjadi pengunjung baru situs web, ini adalah waktu yang tepat untuk menerima email, meskipun pelanggan tidak tertarik dengan penawaran produk pesanan di muka tertentu.
  • Publikasikan media sosial, dan pertimbangkan endorsement untuk mengarahkan traffic yang sudah di dapatkan.

Sebelum Tanggal Rilis

  • Manfaatkan email tersegmentasi untuk pelanggan yang belum membeli untuk meningkatkan penjualan akhir.
  • Informasi promosi di situs harus menyoroti faktor kelangkaan dan menekankan penawaran waktu terbatas
  • Traffic organik kemungkinan akan melonjak tepat sebelum tanggal rilis, jadi ini adalah kesempatan bagus lainnya untuk mengumpulkan email untuk kampanye berikutknya.
  • Dengan pengetahuan bahwa sekitar sepertiga dari penjualan pre-order akan tiba pada hari pertama itu, merek eCommerce harus mengembangkan strategi yang jitu dan dapat ditindaklanjuti untuk mendorong minat dan keterlibatan penggemar jauh sebelum tanggal rilis.
  • Penjualan yang dilakukan selama beberapa hari pertama yang penting tersebut akan menentukan keberhasilan keseluruhan peluncuran produk.

Baca Juga : MANFAAT SEGMENTASI PELANGGAN DALAM USAHA RITEL

www.turboly.com