image

6 Langkah untuk Meluncurkan Situs Web

Bisnis selalu berkembang, dan pertumbuhan eCommerce tidak terkecuali. Pemilik bisnis yang cerdas tahu betapa pentingnya online.

Memiliki situs web ibarat memasang papan iklan di setiap jalan di dunia. Ini dapat memaparkan Anda kepada jutaan pelanggan potensial yang tidak pernah dapat Anda jangkau sebelumnya. Sebuah situs web dapat meningkatkan merek Anda secara dramatis. Lebih banyak penjualan, pengakuan, dan otoritas berada dalam jangkauan.

Profesionalisme membangun kepercayaan. Pelanggan online khawatir tentang penipuan, dan situs web Anda akan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Membutuhkan waktu, tenaga, dan modal (uang) untuk membuat website. Pelanggan akan melihat bahwa Anda telah berinvestasi dalam bisnis Anda. Selain itu, Anda juga berinvestasi pada pelanggan Anda.

Meluncurkan situs web mungkin tampak sulit. Namun, yang Anda butuhkan hanyalah pengetahuan awal dan rencana.

Ikuti langkah-langkah berikut dan Anda akan segera online.

Langkah 1: Perencanaan

Perencanaan yang tepat mengarah pada kesuksesan. Ini berlaku untuk memulai bisnis Anda, dan itu sama untuk membangun situs web

Memilih Platform Anda Pengembangan situs web biasanya melibatkan banyak penulisan kode. Tapi sekarang, itu jauh lebih mudah diakses. Anda tidak perlu lagi mengetahui HTML dan CSS untuk membangun situs. (Ini akan membantu jika Anda memiliki pemahaman dasar tentang HTML, tetapi "dasar" biasanya cukup baik.)

Saat ini, sebagian besar situs web dibuat dengan CMS. Ini adalah platform perangkat lunak yang memungkinkan Anda membangun situs tanpa menyentuh kodenya. Kode ditangani di bagian belakang oleh perangkat lunak. Anda membuat halaman untuk situs Anda, dan menambahkan konten ke dalamnya, melalui antarmuka.

Ada banyak platform CMS yang tersedia. Beberapa dibuat untuk eCommerce terlebih dahulu, sementara yang lain adalah pembuat situs web yang lebih umum. Banyak dari yang lebih umum memiliki aplikasi atau plugin yang tersedia untuk menambahkan fitur eCommerce.

Langkah 2: Pilih Nama Domain

Nama domain adalah alamat atau URL situs web Anda. Ini mungkin tampak seperti hal yang sederhana, tetapi nama domain Anda sangat penting. Nama domain yang bagus dapat dibaca, diberi merek, dan mudah diingat. Situs yang buruk tidak profesional, mudah dilupakan, atau mudah disalahartikan dengan situs lain.

Beberapa penyedia situs web memberi Anda subdomain gratis, seperti bisnisanda.myshopify.com. Namun, lebih baik membeli nama domain Anda sendiri. Memiliki nama domain Anda sendiri menambah profesionalisme situs web Anda dan meningkatkan kepercayaan. Pelanggan waspada terhadap situs web penipuan online yang mengandalkan subdomain gratis. Dengan nama domain Anda sendiri, Anda dapat menetapkan bahwa situs Anda "nyata".

Langkah 3: Pilih Desain

Sekarang saatnya mulai membangun situs web Anda. Ini mengasyikkan, tetapi juga bisa membuat kewalahan. Untungnya, penyedia eCommerce membuatnya lebih mudah.

Saat menggunakan platform eCommerce untuk situs web Anda, Anda akan memiliki akses ke template yang telah dibuat sebelumnya. Anda dapat menginstalnya di situs Anda untuk segera menerapkan desain lengkap. Desain situs web akan mempengaruhi tingkat konversi Anda.

Tema premium seringkali memiliki lebih banyak fitur untuk situs web Anda. Ini dapat mencakup menu "melekat", navigasi yang tetap di layar saat pelanggan menggulir. Mereka juga dapat menyertakan fungsionalitas peta Google built-in untuk menunjukkan lokasi Anda. Umpan media sosial juga populer. Fitur tema bisa berupa apa saja.

Langkah 4: Tambahkan Produk Anda

Prosedur untuk menambahkan produk akan bervariasi berdasarkan platform eCommerce Anda. Namun, semua perangkat lunak eCommerce dibuat untuk menjual produk. Karena ini adalah tujuan utama perangkat lunak, biasanya menambahkannya secara langsung.

Semua perangkat lunak eCommerce memungkinkan Anda menambahkan produk satu per satu melalui halaman admin. Banyak juga yang memungkinkan Anda mengunggahnya secara massal dengan spreadsheet CSV. Anda akan dapat menemukan petunjuk yang tepat untuk upload CSV di situs platform Anda.

Langkah 5: Tambahkan Informasi ke Situs Anda

Situs web Anda lebih dari sekadar toko online. Itu juga kehadiran Anda di internet. Pelanggan akan menginginkan informasi dari situs Anda apakah mereka berencana untuk membeli secara online atau tidak.

Beberapa informasi diperlukan agar situs Anda berfungsi. Beberapa diwajibkan oleh hukum di beberapa area. Informasi lain dapat bersifat opsional tetapi meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda.

Platform eCommerce Anda akan memiliki alat bawaan untuk menambahkan informasi yang Anda butuhkan. Ini termasuk pengaturan sederhana dan halaman rinci.

Langkah 6: Siapkan Metode Pembayaran dan Pengiriman

Pembayaran dan pengiriman online adalah bagian utama dari eCommerce. Meskipun Anda hanya ingin pelanggan mengambil pembelian mereka di toko, Anda tetap perlu menyiapkannya.

Pilih penyedia pembayaran berdasarkan kebutuhan Anda. Anda mungkin bisa mendapatkan pemrosesan kartu kredit online melalui penyedia Anda saat ini. Anda mungkin sudah tahu bahwa pelanggan lebih memilih pembayaran alternatif tertentu yang Anda terima di toko.

Baca Juga : ALASAN UNTUK MENGINTEGRASIKAN ERP & CRM

www.turboly.com