Mengenal Laporan laba Rugi?

image

Pertama-tama Anda perlu mengetahui bahwa laporan laba rugi adalah sebuah alur cerita keuangan perusahaan. Jika Anda ingin melihat untung dan rugi perusahaan, laporan laba rugi adalah cara termudah untuk melakukannya. Ini tidak lebih dari total pendapatan dan pengeluaran bisnis untuk periode tertentu. Ini adalah salah satu dari tiga laporan keuangan yang digunakan untuk mengidentifikasi kinerja keuangan perusahaan. Selain itu, laporan laba rugi memberikan beberapa informasi berharga tentang seberapa efisien perusahaan dijalankan.

Bersama dengan laporan laba rugi, dokumen seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan laporan tahunan membantu Anda dengan cepat menentukan keuntungan atau kerugian perusahaan atau bisnis.

Investor, akuntan, dan pemilik bisnis secara teratur meninjau laporan laba rugi untuk melihat apakah mereka sesuai dengan target yang diharapkan. Laporan laba rugi juga diperiksa untuk mengidentifikasi kekurangan strategi tertentu dan mendorongnya ke arah yang benar.

Penggunaan laporan laba rugi

Ada beberapa kegunaan laporan laba rugi meskipun tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan profitabilitas bisnis dan aktivitasnya. Ini memberikan informasi terperinci jika dibuat untuk setiap departemen dalam perusahaan. Berdasarkan laporan laba rugi, manajemen dan investor dapat memutuskan strategi produk atau departemen tertentu atau perusahaan secara keseluruhan. Sementara laporan laba rugi tahunan memberikan gambaran tentang strategi tahunan untuk ditempatkan di tahun depan, laporan bulanan dan triwulanan dapat mempermudah perubahan strategi jangka pendek.

Berdasarkan laporan laba rugi, keputusan penting seperti peningkatan kapasitas produksi, mendorong penjualan, menargetkan pasar baru, atau menutup dan membuka departemen baru dapat diambil. Pesaing juga dapat menggunakan laporan laba rugi sebagai titik referensi untuk mendapatkan informasi tentang parameter kesuksesan dan lebih fokus pada pengeluaran R&D.

Selanjutnya, analis riset menggunakan laporan laba rugi untuk membandingkan kinerja kuartal-ke-kuartal dan tahun-ke-tahun perusahaan. Investor juga dapat mengetahui apakah manajemen telah mampu mengawasi biaya operasional overhead tanpa mengorbankan produktivitas.

Apa yang terjadi di laporan laba rugi?

Dalam hal kesehatan keuangan perusahaan, laporan laba rugi adalah salah satu dokumen terpenting. Ini mencakup rincian pendapatan dan pengeluaran bisnis, dan laba bersih dalam dua format, laporan laba rugi satu langkah, dan multi langkah.

Neraca, laporan arus kas, dan laporan tahunan dengan laporan laba rugi membantu seseorang menentukan lintasan keuangan masa depan dari suatu bisnis serta nilai dan efisiensinya.

Analisis laporan laba rugi dapat mengungkapkan apakah penjualan meningkat, harga pokok penjualan turun atau jika laba atas ekuitas meningkat. Jika Anda berencana untuk berinvestasi di sebuah perusahaan, laporan laba rugi akan menjadi salah satu dokumen terpenting untuk Anda lihat.

Baca Juga : MAKSIMALKAN LAPORAN AKUNTANSI UNTUK MASA DEPAN BISNIS

turboly.com