Bagaimana Mempersiapkan Laporan AR Aging

image

Laporan umur piutang membantu dalam menentukan jumlah total hutang pelanggan kepada Anda. Invoice dikategorikan tergantung pada waktu jatuh tempo.

Namun, Software Akuntansi Online memiliki fungsi piutang dagang online membuat proses penyusunan laporan menjadi lebih mudah dan akurat. Laporan A/R Aging akan mengkategorikan faktur berdasarkan waktu jatuh tempo.

Kolom laporan berisi nama pelanggan, tagihan terutang, dan interval waktu sejak jatuh tempo. Dengan interval waktu ditentukan sebagai:

  • 1 - 30 hari
  • 31 - 60 hari
  • 61 - 90 hari
  • 90 hari atau lebih

Daftar rincian ini menunjukkan kepada invoive atau tagihan yang membutuhkan perhatian dan berapa banyak uang yang dapat diperoleh dengan menagih dan membutuhkan tindakan segera untuk pengumpulan uang tunai. Secara keseluruhan, laporan umur piutang mengungkapkan keefektifan fungsi kredit dan likuiditas perusahaan.

Pentingnya Laporan Piutang Usaha Lanjut Usia ke Bisnis Kecil

Idealnya, Anda mengharapkan semua pelanggan Anda membayar sebelum tanggal jatuh tempo. Namun, dalam praktiknya, jarang terjadi. Ini menciptakan kesalahan dalam arus kas Anda. Uang tunai di tangan Anda mungkin tidak seperti yang Anda harapkan.

Dan Anda tetap harus menjalankan perusahaan Anda dengan lancar. Di sini, menyiapkan laporan piutang untuk bisnis Anda terbukti membantu. Dengan menggunakannya, Anda dapat membuat tebakan tentang berapa banyak anggaran operasi yang Anda butuhkan.

Anda perlu berhati-hati terhadap besarnya iuran Anda dan memutuskan apakah Anda perlu memperbarui kebijakan kredit Anda atau tidak. Anda harus mencari jumlah yang terkunci di piutang lama.

Gunakan Laporan Umur Piutang Secara Efektif

Idealnya, tidak boleh ada keterlambatan pembayaran. Ini adalah tanda peringatan bahwa Anda perlu mengambil beberapa langkah tegas untuk memperbarui dan menangani masalah. Tindakan langsung adalah mengirim email untuk mengingatkan pelanggan Anda yang terlambat membayar.

Periksa riwayat pembayaran mereka dan lihat, apakah mereka selalu terlambat membayar. Anda harus memikirkan untuk memperbarui kebijakan kredit dan pembayaran Anda menjadi pelanggan tetap ini dan meminimalkan risiko kredit macet. Anda juga bisa berhenti melayani mereka.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus berurusan dengan kredit macet. Ini adalah faktur yang melewati tanggal jatuh tempo (60 hingga 90 hari) dan tidak dapat dipulihkan lagi. Laporan piutang lama memberi Anda perkiraan piutang tak tertagih tersebut.

Tetapi sebelum menghapus hutang buruk Anda, Anda harus mengirimkan pengingat kepada pelanggan Anda, menyewa agen penagihan, atau mengajukan keluhan hukum.

Ya, Anda perlu menjaga agar piutang Anda tetap mengalir. Ini adalah cara untuk mempertahankan arus kas yang positif. Anda harus, jika terjangkau, juga berpikir untuk menawarkan semacam insentif atau diskon kepada pelanggan Anda untuk membayar iuran mereka sebelum tanggal jatuh tempo.

Baca Juga : 4 RAHASIA MENINGKATKAN PENERIMAAN AR

turboly.com