Cara Melacak Persediaan Konsinyasi

image

Membangun manajemen persediaan konsinyasi dapat mendorong perusahaan untuk menempatkan produk lebih dekat dengan pelanggan mereka, mendorong pemenuhan pesanan dan meningkatkan efisiensi dalam siklus penjualan.

Tidak semua perusahaan berhasil dalam mengimplementasikan penjualan konsinyasi terutama dari sisi pemilik barang atau consignor. Tantangan dalam mengelola persediaan konsinyasi terutama karena sistem ERP mereka yang ada tidak mampu mendukung proses pencatatan persediaan konsinyasi itu sendiri, yang akhirnya pencatatan manual menjadi pilihan namun bukan juga menjadi solusi yang efektif. Secara keseluruhan, masalah manajemen data akan berpotensi menjadi hambatan dalam sistem konsinyasi.

Jadi, bagaimana solusi agar persediaan konsinyasi dapat dikontrol dengan baik? Berikut 3 tips yang sangat bermanfaat dalam manajemen persediaan konsinyasi adalah:

1. Buat Kerangka Integrasi ERP

Memastikan tingkat persediaan di lokasi stok konsinyasi dan dalam ERP akurat sangat penting. Masalah dengan sinkronisasi data dan kompatibilitas antara sistem yang berbeda dapat dengan cepat menggagalkan program persediaan konsinyasi. Fungsi Sistem ERP dapat:

  • Mengkompilasi data dari berbagai jenis sumber ke dalam sistem ERP secara otomatis.
  • Mengurangi entry data secara manual, data pengguna dengan memperbarui ERP secara otomatis ketika data berubah di sistem lain.
  • Kurangi kemungkinan kesalahan dengan menghilangkan proses manual yang tidak perlu.

Sistem ERP menjadi penting karena organisasi mendiversifikasi strategi penyimpanan aset mereka melalui strategi manajemen persediaan konsinyasi.

2. Memanfaatkan Alat Pengumpulan Data dan Informasi

Sistem ERP merupakan langkah penting dalam strategi persediaan konsinyasi, dan kemampuan pengumpulan data dapat membawa nilai yang ditawarkan oleh ERP menjadi lebih tinggi. Didukung dengan penggunaan scanner barcode untuk sebagai alat kontrol pergerakan barang secara real time dapat menyederhanakan proses menjadi lebih cepat dan akurat. Sistem ERP memberikan kemampuan otomatisasi proses secara online membuatnya lebih mudah yang akan mengurangi kebutuhan entri data yang berlebihan.

3. Manajemen Persediaan Multi Lokasi

Sistem ERP menawarkan solusi berbasis cloud yang akan secara otomatis melakukan sinkronisasi data di berbagai lokasi cabang atau consignee secara realtime. Perusahaan akan mendapatkan ekosistem data yang sederhana dan efisien. Dengan data dari lokasi persediaan konsinyasi yang diintegrasikan ke dalam ERP pusat secara akurat, perusahaan dapat:

  • Menyederhanakan tugas manajemen yang dilakukan oleh pelanggan mereka, terutama dalam proses consignment closure atau rekonsiliasi penjualan konsinyasi.
  • Mengidentifikasi persediaan secara otomatis, saat persediaan menipis dan mengirimkan produk baru yang sesuai.
  • Audit tracking semua proses pergerakan barang
  • Meminimalisir kerusakan dan kerugian persediaan melalui transparansi data secara real-time

Jenis manfaat ini dapat mengubah proses operasional bagi perusahaan yang memiliki bisnis konsinyasi dan Turboly Cloud ERP menyediakan itu semua.

Baca Juga : CARA TERBAIK ME-MANAGE INVENTORY KONSINYASI

turboly.com