4 Kesalahan yang Dilakukan Saat Mengirim Sales Quotation

image

Sales Quotation atau surat penawaran merupakan peluang penjualan, oleh karena itu diperlukan respon yang tepat. Jangan sampai disia-siakan. Dalam bisnis penjualan B2B atau wholesale meminta surat penawaran merupakan “norma” yang wajar dan bagian sales biasanya akan dengan segera memberikan respon atas permintaan calon pelanggan tersebut. Memberikan respon yang cepat akan terlihat sangat baik, namun harus dikuti dengan prosedur yang tepat agar surat penawaran dapat dikonversi menjadi Sales Order. Berikut adalah 4 kesalahan yang sering dilakukan orang saat mengirimkan penawaran dan proposal penjualan.

1. Tidak Sesuai target

Semua sales person mengharap sales quotation secepat mungkin bisa dikonversi menjadi Sales Order tanpa mengetahui “kesakitan” dari calon pelanggan. Hal ini dapat mengakibatkan penawaran tidak sesuai pada target yang sebenarnya. Ini adalah kesalahan fatal. Sebelum mengirimkan proposal terhadap target, wajib mencari tahu profil calon pelanggan, apa kebutuhan mereka, apa “kesakitan” mereka, spesifikasi produk bagaimana yang mereka cari. Baru tuangkan semua solusi yang mereka butuhkan dalam sebuah surat penawaran.

2. Tidak Memberikan Nilai Tambah

Sales person mungkin sudah melakukan proses identifikasi calon pelanggan sedang membutuhkan produk dan layanan yang bisa tawarkan. Tetapi, proposal yang dikirimkan kepada calon pelanggan tidak memberikan atau memiliki nilai tambah dari selain produk dan jasa. Hal ini akan dapat membuat surat penawaran menjadi kurang menarik bagi calon pelanggan.

3. Komunikasi Tidak Baik

Sebelum mengirimkan proposal, setidakya wajib mengetahui siapa nama dari calon pelanggan, nama perusahaan yang dituju. Jangan “asal” mengirimkan sebuah surat penawaran, karena akan membuat reputasi perusahaan menjadi buruk dan surat penawaran jadi tidak dilirik.

4. Tidak di-follow up

Ketika mengirimkan surat penawaran, jangan lupa untuk di-follow up. Jika tidak melakukan follow up kepada calon pelanggan, jangan terlalu berharap calon pelanggan ini akan menghubungi terlebih dahulu untuk mengkonfirmasinya.

Baca Juga : 7 LANGKAH MEMULAI BISNIS GROSIR DISTRIBUTOR

turboly.com