3 Manfaat Sistem ERP untuk Departemen Penjualan

image

Kita semua tahu bahwa ERP memberikan banyak nilai kepada semua bagian di perusahaan mulai dari staff hingga ke level manajemen tinggi. Salah satunya adalah departemen sales atau penjualan yang memperoleh manfaat yang sama besarnya dari Sistem ERP. Bagian penjualan mulai dari Manajer penjualan hingga staf penjualan adalah pihak yang berkepentingan dan yang paling terbuka dalam proses transaksi penjualan. Semakin baik kinerja departemen penjualan, semakin baik kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Sistem ERP dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan. Proses penjualan yang paling efisien didorong oleh kecepatan dan ketepatan jangkauan. Tetapi proses penjualan juga dipengaruhi oleh seberapa baik tim penjualan menyampaikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat kepada pelanggan yang tepat.

Departemen penjualan yang tidak memiliki Sistem ERP modul penjualan yang efisien dapat membuang peluang dan kehilangan penjualan karena kurangnya kesadaran di pasar. Alih-alih melakukan hal yang benar di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, tim penjualan tanpa disadari akan memberikan informasi yang salah pada waktu yang salah.

Sistem ERP dapat membantu membangun hubungan. Keberhasilan dalam penjualan sangat ditentukan oleh kemampuan untuk membangun jaringan dan membangun hubungan yang panjang dengan klien.

Komunikasi yang konstan sangat penting dalam hubungan bisnis apa pun. Dalam komunikasi dalam Sistem ERP memiliki modul CRM terintegrasi dengan modul penjualan yang dapat melacak informasi pelanggan, memicu pencapaian hubungan, dan membantu mempertahankan jalur komunikasi yang mudah didekati dan terbuka antara tim penjualan dan pelanggan.

Sistem ERP akan memungkinkan proses penjualan wholesale atau pemesanan grosir (Sales Order) yang efisien. Sistem ERP menawarkan banyak keuntungan tetapi satu hal yang harus benar-benar menonjol adalah kemampuan untuk mengkonfigurasi dan memproses Sales Order dengan cepat.

Implementasi sistem ERP, atau upgrade sistem ERP yang sudah miliki, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan masukan dari tim penjualan.

Baca Juga : CARA SEDERHANA AGAR PENGIRIMAN EFISIEN PADA BISNIS B2B

turboly.com