Tips Sukses Menjalankan Bisnis Distribusi Grosir

image

Kunci sukses menjalankan bisnis distribusi grosir dimulai dari perekrutan dan pengelolaan arus kas, hingga penjualan dan perencanaan persediaan, berikut adalah beberapa tip untuk sukses dalam distribusi grosir :

Otomatisasi Sales Order

Ketidakefisienan pencatatan sales order merupakan tantangan nomor satu di antara distributor grosir. Terlalu banyak distributor grosir yang masih menerima pesanan secara manual baik dengan kertas ataupun menggunakan aplikasi seperti excel atau whatsapp tetapi metode ini sama-sama (jika tidak lebih baik) tidak praktis daripada kertas.

Dengan meluasnya teknologi internet dalam kehidupan kita saat ini, banyak bisnis distribusi grosir yang sukses memanfaatkan teknologi Sistem ERP Distributor berbasis cloud yang dapat memudahkan sales di kantor maupun di lapangan untuk melakukan pencatatan pesanan.

Kontrol Persediaan

Menjalankan bisnis distribusi grosir B2B harus diimbangi dengan kontrol yang baik dalam pengelolaan persediaan. Beberapa perusahaan memiliki Sistem ERP Grosir Distribusi untuk menjaga tingkat stok minimum di gudang, dan restock dengan stok baru begitu level mencapai minimum.

Melacak persediaan masuk / keluar, melakukan penghitungan fisik persediaan (stock opname) secara teratur, dan Membuat perencanaan tingkat persediaan dengan fluktuasi permintaan adalah kunci untuk memutuskan strategi manajemen persediaan mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Buat Segmen Pelanggan

Distributor grosir saat ini beroperasi di pasar yang sangat kompetitif. Banyak yang mencoba membedakan merek mereka berdasarkan harga dengan harapan harga yang lebih rendah (dan margin) akan menghasilkan volume penjualan yang lebih tinggi. Pendekatan ini, bagaimanapun, bukanlah strategi yang efektif untuk pertumbuhan jangka panjang. Sebaliknya, perusahaan yang dapat membedakan merek mereka dengan menyediakan layanan pelanggan yang baik akan mendapatkan keuntungan.

Menjaga Arus Kas

Arus kas adalah sumber kehidupan bisnis distribusi grosir. Salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan distributor grosir adalah memberikan kredit yang berlebihan kepada pelanggan. Hindari melipat tuntutan untuk persyaratan pembayaran yang diperpanjang, dan rajinlah melakukan audit piutang.

Investasikan di B2B eCommerce

Saat ini pelanggan terbiasa dengan kenyamanan memesan secara online. Bisnis yang mampu menerapkan strategi omnichannel (dengan memungkinkan pelanggan untuk memesan dari website, atau marketplace khusus distributor sudah mendapatkan keuntungan.

Membangun Hubungan Jangka Panjang

Pada akhirnya, apa yang akan membuat sukses sebagai distributor grosir adalah kemampuan untuk membentuk hubungan yang kuat dan langgeng dengan pelanggan. Dengan memprioritaskan layanan pelanggan, menambahkan nilai selama percakapan penjualan, dan menjadikan pemenuhan pesanan yang lebih cepat sebagai prioritas.

Baca Juga : INVENTORY DENGAN BATCH NUMBER DAN EXPIRED DATE PADA DISTRIBUTOR KOSMETIK

turboly.com