Apa Perbedaan Antara Manajemen inventori dan Gudang?

image

Pengertian antara manajemen inventori dan manajemen gudang terkadang masih sering membuat banyak orang merasa bingung, hal ini karena tampaknya mengacu pada jenis manajemen material yang sama, tetapi memang pada kenyataannya ada perbedaan antara keduanya. Jadilah mengapa hal ini penting bagi perusahaan untuk memahami perbedaan antara manajemen inventori dan manajemen gudang karena dapat mempengaruhi efisiensi bisnis Anda.

Apa itu Manajemen Gudang?

Manajemen gudang mengacu pada berbagai proses yang terkait dengan pemeliharaan dan pengendalian gudang dalam perusahaan. Setiap langkah proses, dari awal hingga akhir, dan biasanya diawasi oleh manajer gudang. Mulai dari penerimaan barang masuk dan beralih ke pelacakan material/ produk dan logistik, manajemen gudang mencakup semua yang terjadi di gudang. Baik mereka memiliki satu gudang atau multi gudang, perusahaan dapat mengontrol keseluruhan operasional pergudangan mereka. Sistem Gudang (WMS) dapat membantu melakukan semua tugas ini.

Apa itu Manajemen inventori?

Manajemen inventori melibatkan pelacakan inventori barang perusahaan. Ini memonitor berat, dimensi, jumlah dan lokasinya. Ini membantu pemilik bisnis mengetahui kapan waktunya untuk mengisi kembali produk, atau membeli lebih banyak bahan untuk memproduksinya.

Manajemen inventori yang efektif sangat penting untuk memastikan bisnis memiliki cukup stok untuk memenuhi permintaan pelanggan. Jika manajemen inventori tidak ditangani dengan benar, ini dapat mengakibatkan bisnis kehilangan uang karena potensi penjualan yang tidak dapat diisi atau membuang-buang uang dengan menyimpan terlalu banyak inventori. Sistem manajemen inventori (IMS) dapat membantu mencegah kesalahan ini.

Jadi apa perbedaan utama di antara keduanya?

Kompleksitas

Salah satu perbedaan utama antara manajemen inventori dan manajemen gudang terletak pada kompleksitas.Manajemen inventori lebih sederhana, di mana sistem manajemen inventori dapat memberi Anda indikasi jumlah total stok yang Anda miliki untuk satu lokasi penyimpanan tertentu. Sistem manajemen gudang, di sisi lain, memungkinkan perusahaan untuk mengelola seluruh sistem penyimpanan dalam struktur seperti gudang. Jadi, jika gudang memiliki beberapa tempat penyimpanan dari produk yang sama, manajemen gudang dapat membantu mengelola semua ini, sedangkan manajemen inventori hanya akan memberikan informasi berapa banyak produk spesifik yang tersedia.

Kontrol dan Penyimpanan

Perbedaan dalam kesederhanaan dan kompleksitas juga mempengaruhi kontrol dan penyimpanan inventori. Dalam manajemen inventori, kita hanya dapat mengetahui bahwa memiliki produk tertentu dan berapa banyak yang tersedia. Manajemen inventori di dalam gudang bergantung pada penggunaan manajemen gudang, yang memungkinkan untuk menemukan lokasi tertentu untuk menempatkan inventori atau bahkan mengambilnya nanti. Singkatnya, manajemen gudang memberi spesifikasi kontrol inventori, sedangkan manajemen inventori hanya memberi informasi kuantitas.

Baca Juga : BAGAIMANA PENGARUH SISTEM ERP TERHADAP BIAYA INVENTORY?

turboly.com