Bagaimana Memastikan Profitabilitas Saat Menawarkan Diskon

image

Bagaimana memastikan bahwa penawaran diskon yang sejalan dengan tujuan bisnis?. Untuk memastikan bahwa Bisnis tetap dapat berkembang walaupun ada pengurangan “sedikit” pendapatan akibat harga diskon,

1. Margin

Hitung apakah penawaran diskon masih memungkinkan mendapat profit margin dari setiap penjualan, dan berapa banyak keuntungan itu. Inilah cara Anda menjaga margin tetap utuh:

  • Jaga Biaya Pemasaran Tetap Rendah - Meskipun Anda perlu mempromosikan diskon, pastikan tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Fokus pada pemasaran diskon ke potensial segmen yang sesuai melalui media sosial, email, SMS atau contact pelanggan yang sudah ada,
  • Segmentasikan Penawaran - Buat penawaran diskon Anda hanya menjangkau pelanggan yang tidak aktif atau pelanggan pertama kali, daripada pelanggan yang memiliki riwayat pembeli berulang. Ini meningkatkan peluang Anda untuk menarik penjualan baru tanpa kehilangan margin penjualan yang akan terjadi, terlepas dari diskonnya.
  • Upselling - Terlepas dari barang-barang yang didiskon, pastikan untuk menjual barang-barang non-diskon yang relevan kepada pembeli ini juga. Meskipun tidak dapat meningkatkan margin dari item yang didiskon, setidaknya dapat meningkatkan keuntungan per transaksi.

2. Biaya Akuisisi Pelanggan

Saat menawarkan produk yang sedang diskon, biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelanggan baru berubah. Untuk biaya akuisisi pelanggan, tambahkan margin yang hilang selama penjualan, serta biaya pemasaran tambahan untuk penjualan tersebut. Idealnya, diskon tidak akan meningkatkan biaya akuisisi pelanggan. Namun untuk menjamin bahwa akan mendapatkan lebih banyak penjualan, berikut beberapa teknik yang dapat diterapkan:

  • Ubah Customer Baru menjadi Pelanggan Tetap - Ketika pelanggan baru membeli dari toko untuk pertama kalinya, lakukan apa saja untuk mengubah mereka menjadi pelanggan tetap. Ini akan meningkatkan nilai umur setiap pelanggan, membenarkan biaya akuisisi pelanggan yang lebih tinggi.
  • Maksimalkan Margin Pembelian Pertama Pelanggan Baru - Sama seperti tip di atas tentang meningkatkan margin, tawarkan upsell dan item relevan lainnya selain dari penawaran diskon. Semakin tinggi pengeluaran pelanggan selama transaksi pertama mereka, semakin murah biaya akuisisi pelanggan baru.

3. Tentukan Target Penjualan

Karena meningkatkan penjualan adalah tujuan umum untuk bisnis yang menawarkan diskon, maka perlu menetapkan target penjualan. Namun jangan hanya menetapkan jumlah sembarangan. Pastikan target penjualan cukup tinggi dan wajar sehingga daat mempertahankan atau meningkatkan keuntungan.

Untuk memperkirakan volume penjualan yang ditargetkan dan bagaimana cara membuat penawaran diskon dengan tepat, gunakan Sistem POS Ritel untuk menghitung persentase margin kotor dan penjualan.

Baca Juga : STRATEGI PRE-ORDER DALAM BISNIS RETAIL

turboly.com