Perbedaan Sistem Inventory Manajemen dan Sistem Manajemen Gudang

image

Setelah mengenal perbedaan antara manajemen inventori dan manajemen gudang yang kami ulas di artikel “Apa Perbedaan Antara Manajemen inventori dan Gudang?”. Maka untuk menjalankan proses manajemen inventory dan proses manajemen gudang pun akan memerlukan sistem yang berbeda. Perbedaan utama lainnya antara inventori dan manajemen gudang adalah sejauh mana satu sistem dapat diintegrasikan ke dalam logistik keseluruhan dari manajemen persediaan dan inventori perusahaan.

Sistem akan menunjukkan bahwa manajemen inventori umumnya merupakan langkah pertama dalam proses lain yang terjadi dalam manajemen gudang. Namun, manajemen gudang sangat erat kaitannya dengan aspek lain dari manajemen perusahaan, seperti pasokan produksi, penjualan dan distribusi, serta manajemen kualitas. Dengan kata lain, manajemen gudang merupakan bagian integral dari operasi yang sedang berlangsung di departemen lain sedangkan manajemen inventori tidak.

Perbedaan Sistem

Perbedaan mendasar antara sistem manajemen gudang (WMS) dan sistem manajemen inventori (IMS) adalah sistem ini melibatkan pelacakan jumlah produk atau SKU dan yang lainnya melibatkan unit pelacakan lokasi, termasuk kompartemen dan tempat sampah.

Sistem manajemen inventori

Sistem manajemen inventori adalah sistem berbasis komputer untuk melacak tingkat inventori, pesanan, penjualan, dan pengiriman. Ini juga dapat digunakan dalam industri manufaktur untuk membuat perintah kerja, bill of material, dan dokumen terkait produksi lainnya. Perangkat lunak ini bekerja dengan baik untuk bisnis yang mencari perangkat lunak inventori yang tidak terlalu rumit dan berfokus pada penanganan produk fisik itu sendiri.

Sistem manajemen inventori sangat ideal untuk bisnis kecil hingga menengah yang tidak memiliki berbagai macam produk. Meskipun fitur perangkat lunak ini terbatas pada inventori, sebenarnya itulah manfaat terbesarnya. Untuk bisnis yang tidak membutuhkan sistem manajemen yang lebih kompleks, perangkat lunak manajemen inventori sangat ideal.

Sistem manajemen gudang

Sistem manajemen gudang, seperti sistem manajemen inventori, mampu memantau jumlah produk, penghitungan siklus, pengambilan, pengemasan, pengiriman, dan pengelolaan beberapa lokasi. Namun, sistem manajemen gudang memberikan detail dan kemampuan yang lebih lengkap untuk pengiriman produk, daftar channel, dan banyak fitur lainnya. Faktanya, Sistem manajemen gudang memiliki begitu banyak fungsi yang proses dalam perusahaan.

Secara keseluruhan, fitur sistem manajemen gudang memberikan informasi kepada pengguna tentang produk dan proses gudang yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian tentang efisiensi gudang. Keuntungan penting lainnya dari sistem ini adalah kemampuannya untuk memantau inventori online di berbagai channel dan lokasi.

Pada intinya, sistem manajemen gudang dirancang untuk mengoptimalkan operasi gudang. Namun, sistem ini memiliki fungsi utama lainnya. melacak dan mengontrol inventori di beberapa situs penjualan online/ marketplace melalui integrasi yang dinamis.

Kesimpulan

Saat memutuskan apakah akan menggunakan sistem manajemen inventori atau sistem manajemen gudang, harus memutuskan mana yang terbaik untuk model bisnis kita. Meskipun sistem ini memiliki nama yang “mirip”, ada perbedaan penting yang harus dibuat di antara keduanya. Baik sistem manajemen inventori dan sistem manajemen gudang telah dirancang untuk meminimalkan kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi, tetapi melakukannya dengan cara yang sangat berbeda.

Baca Juga : 5 IMPLEMENTASI INVENTORY MANAGEMENT TERBAIK UNTUK BENGKEL

turboly.com