Strategi Penjualan Silang (Cross Selling)

image

Setiap transaksi penjualan di toko ritel dapat bernilai jauh lebih tinggi. Untuk mencapai itu yang dibutuhkan hanyalah strategi yang tepat. Cross Selling adalah salah satu strategi penjualan yang mendorong pelanggan untuk membeli produk yang melengkapi barang yang sudah mereka beli. Misalnya, jika seseorang membeli handphone baru, mungkin menawarkan screen guard atau powerbank untuk menyertainya. Ini biasanya dilakukan oleh seorang SPG di toko.

Berikut adalah 6 strategi penjualan silang efektif dan gila yang dapat Anda coba untuk bisnis

Rekomendasikan item terkait

Ini mungkin strategi penjualan silang yang paling umum digunakan dan merupakan strategi dasar, tetapi sebenarnya bisa sangat efektif - terutama jika Anda menjual berbagai produk pelengkap. Ini bekerja dalam dua cara:

  • Membantu pelanggan menemukan lebih banyak produk untuk ditambahkan
  • Membantu pelanggan menemukan produk yang lebih cocok untuk mereka.

Tampilan

Teknik “shop the look” melibatkan penampilan pelanggan dengan citra berkualitas tinggi dari model atau lingkungan yang bergaya dalam upaya untuk menjual produk tambahan.

Menawarkan diskon untuk produk bundle

Strategi penjualan silang efektif lainnya adalah menggabungkan produk tertentu ke dalam bundle. biasanya kemudian akan menawarkan diskon saat semua produk dibeli bersama.

Mempromosikan item yang penting untuk performa produk

Misalkan seorang pelanggan mencari lampu meja, dan toko Anda menjual jenis produk ini.

Tambahkan layanan pelengkap

Strategi penjualan silang ini dapat bekerja dalam berbagai cara. Misalnya, dealer mobil dapat menawarkan layanan anti karat atau kaca film.

Promosi Pelanggan Cross Selling

Untuk penjualan ritel online Cross selling bahkan tidak harus berhenti di halaman konfirmasi. Seseorang yang baru saja membeli dari toko online kemungkinan besar akan melakukan pembelian lagi, mereka mungkin perlu sedikit dorongan. Manfaatkan strategi cross selling ini untuk mendorong penjualan dengan lebih efektif. Lakukan dengan benar dan Anda akan meningkatkan nilai pesanan rata-rata dan pendapatan secara umum, serta memberikan pengalaman pelanggan yang lebih kuat.

Tapi ingat, inventory management yang efisien sangat penting untuk memastikan semua produk yang direkomendasikan kepada pelanggan benar-benar tersedia. Anda tidak ingin meminta pembeli untuk membeli barang dan membuat mereka tertarik, hanya untuk mengecewakan mereka.

Baca Juga : CARA TURBOLY CRM MENINGKATKAN KEUNTUNGAN BISNIS

turboly.com