Tips Menjadi Manajer Operasional Ritel Multi Store

image

Manajer operasional dalam bisnis ritel memiliki salah satu pekerjaan paling menarik dan menantang. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menjadi seorang manajer operasional ritel. Tidak ada pendidikan formal yang dapat mempersiapkan untuk peran tersebut.

Deskripsi pekerjaan Manajer operasional ritel dapat sedikit berbeda tergantung pada perusahaan. Tugas-tugas yang berorientasi pada manusia seperti penempatan staf dan jadwal kerja, melaksanakan inisiatif pelatihan, dan memfasilitasi komunikasi antara staf dan cabang perusahaan adalah tanggung jawab utama . Pekerjaan sebagai manajer operasional ritel akan membutuhkan keahlian untuk berkomunikasi, tetapi soft skill bukan satu-satunya kompetensi yang Anda perlukan untuk mengguncang peran tersebut.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi manajer operasional ritel yang sukses.

1. Dapat Membagi Tugas dan Memberikan Solusi

Mengawasi karyawan adalah salah satu aspek terpenting dari peran manajer operasional ritel. Serorang manajer operasional ritel harus memiliki kemampuan membagi tugas secara adil. Selain itu juga harus mampu memotivasi karyawan agar menjadi lebih aktif. Penting untuk membuat tujuan yang dapat dikelola dan memberi dukungan sumber daya kepada karyawan tentang apa yang mereka butuhkan untuk mencapainya, baik waktu dan pelatihan yang tepat.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Pemimpin yang sukses adalah pendengar yang baik. Staff penjualan di toko akan berinteraksi dengan pelanggan setiap hari. Jadi, jangan batasi percakapan hanya untuk pengelola toko. Sebagai manajer operasional ritel, tidak akan berada di setiap lokasi sepanjang waktu. Ciptakan kondisi yang nyaman sehingga komunikasi bisa berjalan dengan baik tanpa rasa takut.

3. Buat Jadwal Secara Terbuka

Manajer operasional ritel mengawasi toko di beberapa lokasi. Maka penjadwalan karyawan di beberapa lokasi bisa menjadi sedikit rumit jika tidak ada pembaguan tugas ke Store Manager dan komunikasi yang baik (point 1 & 2). Gunakan Sistem Human Resources untuk membantu mereview jadwal-jadwal staff di setiap toko yang telah disusun oleh store manager.

4. Turun Langsung Sesekali

Memberikan contoh langsung adalah cara belajar bagi karyawan belajar paling baik. Sebelum mendelegasikan tugas, berikan panduan dan contoh cara menyelesaikan tugas dengan baik dan benar.

5. Kontrol Persediaan di Semua Lokasi

Faktor manajemen persediaan adalah hal penting dalam industri ritel. Kemampuan untuk menjaga kepuasan pelanggan, mengelola anggaran, dan memenuhi tujuan penjualan semuanya bergantung pada cara bagaimana mengelola persediaan. Stok mati adalah hal yang wajib dihindari, Cara terbaik untuk mengelola semua itu adalah memanfaatkan Sistem ERP Ritel berbasis cloud sehingga dapat melacak tingkat persediaan di setiap toko.

6. Selalu mengandalkan data dan analitik

Sebagai manajer operasional ritel, akan bertanggung jawab atas kesuksesan toko. Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan beberapa informasi dan data untuk setiap toko, termasuk kinerja penjualan dan pergerakan persediaan

Memiliki informasi yang valid tentang melacak dan bagaimana kinerja produk akan membawa pada keputusan yang lebih baik dan dapat membantu menentukan strategi ritel.

Baca Juga : Sederetan Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Store Manager

turboly.com