Bagaimana Menyederhanakan Manajemen Persediaan?

image

Hampir semua bisnis memiliki beberapa jenis persediaan. Apakah menyimpan barang untuk dijual atau bahan untuk membuat konsumsi internal. Dalam usaha ritel perlu melacak semua persediaan. Jika tidak, mungkin akan menimbulkan resiko dengan kelebihan barang, atau bahkan kekurangan barang.

Untuk mendapatkan pencatatan yang akurat perlu menggunakan manajemen persediaan untuk menjaga tingkat stok tetap akurat. Untungnya, teknologi menawarkan beberapa cara untuk membuat sistem persediaan sederhana untuk bisnis ritel.

Apa tujuan dari manajemen persediaan?

Dengan manajemen persediaan yang tepat, stakeholder dapat dengan cepat melihat jumlah persediaan yang tersedia dan akan tahu persis dimana tersedia. Jika tidak, akan membutuhkan waktu untuk melacak dimana persediaan disimpan. Dengan sistem manajemen persediaan yang tepat dan akurat proses ini hanya membutuhkan beberapa detik saja, bandingkan jika masih percaya dengan sistem manual maka hal ini bisa membuang waktu yang produktif.

Manajemen persediaan usaha ritel membantu semua pihak di toko atau gudang mengawasi aliran persediaan, merencanakan target mereka, dan hal lain yang terkait dengan persediaan. Saat persediaan toko tumbuh dan bisnis berkembang, manajemen yang tepat akan memastikan pengeluaran yang dapat diprediksi dan layanan pelanggan yang konsisten.

Bagaimana Turboly Cloud ERP melakukan manajemen persediaan bisnis ritel?

Kebutuhan untuk melacak persediaan sangat penting. Turboly Cloud ERP menciptakan sistem inventory management yang kuat yang akan menyederhanakan proses kontrol persediaan untuk menghasilkan manajemen persediaan yang baik.

Mengurangi biaya

Bisnis ritel yang tidak menerapkan manajemen persediaan yang baik sering kali mengalami peningkatkan biaya penyimpanan. Cloud ERP Turboly memantau semua persediaan, baik yang ada di toko ataupun gudang hingga ke consignee jika menjalankan bisnis konsinyasi. Setiap kali produk bergerak baik itu akibat penjualan, transfer, return hingga penerimaan maka otomatis persediaan akan diperbarui untuk mencerminkan penghitungan yang paling akurat. Manajemen kemudian dapat mengidentifikasi apa yang dijual, apa yang tersedia, dan kapan harus memesan lebih banyak.

Mencegah penyusutan

Penyusutan diartikan sebagai hilangnya persediaan. Hal ini dapat disebabkan dari berbagai hal misalnya kekurangan pengiriman dari supplier, kerusakan barang akibat penyimpanan yang “ngawur”, salah administrasi/ pencatatan hingga pencurian oleh karyawan. Dengan sistem inventory management dari Turboly Cloud ERP dapat melacak dengan tepat barang apa yang dibeli, siapa yang melakukan transaksi, dan jenis pembayaran apa yang digunakan. Jika beberapa item hilang, cost control atau kepala gudang dapat memeriksa catatan dan melihat dengan tepat karyawan mana yang kemungkinan besar menjadi pelakunya. Selain itu, Turboly Cloud ERP akan memberikan informasi barang atau produk apa saja yang disimpan dan tersedia di toko atau gudang di semua lokasi.

Identifikasi dan ikuti tren konsumen

Apa pun layanan atau barang yang ditawarkan bisnis ritel, pasti ingin memberikan apa yang diinginkan pelanggan. Sistem manajemen persediaan bisnis ritel akan membantu untuk mengidentifikasi perubahan dalam penawaran dan permintaan dan memenuhi kebutuhan tersebut

Baca Juga : Menggunakan Software ERP Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

turboly.com