image

Cara Tepat Bertransaksi Dengan Supplier

Salah satu tugas terpenting dari bagian purchasing adalah negosiasi ketika menjalin bekerja sama dengan supplier untuk mendapatkan produk dengan harga yang ideal. Keterampilan negosiasi adalah modal utama yang dibutuhan.

Berikut tips untuk membangun strategi negosiasi yang sukses untuk menjaga rantai distribusi barang tetap aman :

Uang Muka

Uang muka adalah salag satu cara untuk mengamankan stok dari supplier. Dengan semakin banyak uang muka yang bisa bayarkan, maka semakin tinggi kekuatan negosiasi. Sama halnya seperti kita kepada pelanggan, dari sisi Supplier pun akan menilai pelanggan layak diajak bekerja sama. Memiliki uang muka sangat penting apalagi jika kita adalah pelanggan baru.

Riset Harga Produk

Mengetahui berapa biaya supplier untuk mendapatkan atau membuat barang selalu berhasil untuk menempatkan kita pada posisi yang baik. Ketika kita memiliki informasi ini, maka kita akan tahu berapa banyak ruang yang ada dalam negosiasi harga. Ini menunjukkan kepada supplier bahwa kita serius dan hal ini dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas.

Survey Pelanggan

Sebelum memulai proses negosiasi, mintalah referensi supplier dari pelanggan mereka yang lain. Jangkau pelanggan tersebut dan tanyakan tentang pengalaman mereka. Sering kali, jika mereka senang dengan produk dan layanan dari supplier, mereka akan berbagi harga dengan kita. Ini adalah informasi berharga yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan kesepakatan terbaik.

Mendapatkan Penawaran dari supplier Lain

Penting untuk mendapatkan penawaran dari setidaknya tiga supplier, dengan mengirimkan permintaan proposal penawaran ke beberapa supplier sebelum melakukan negosiasi dengan salah satu dari mereka. Tidak ada salahnya jika kita memberi tahu bahwa kita sudah mendapatkan proposal penawaran produk sejenis dari supplier lain dan sedang mencari penawaran produk terbaik.

Win Win Solution

Mendapatkan harga terendah bukanlah satu-satunya hal yang menjadi fokus selama negosiasi. Seringkali, jika kita menemukan bahwa supplier tidak mau mengalah pada harga, ada cara lain untuk mendapatkan nilai lebih dibandingkan dengan penghematan biaya. Misalnya, uang muka yang lebih rendah, jangka waktu pembayaran yang lebih lama hingga kebijakan pengembalian barang.

Baca Juga : JANGAN LAKUKAN INI SAAT NEGOSIASI

www.turboly.com