Bagaimana Inventory Management Mempengaruhi Pengalaman Pelanggan?

image

Manajemen persediaan memiliki peran penting dalam hal manajemen layanan pelanggan yang baik. Dapat memberikan informasi yang tepat kepada pelanggan tentang tingkat stok akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.Oleh karena itu, hubungan antara kepuasan pelanggan dan pengalaman pelanggan yang luar biasa lebih dari jelas.

Ada beberapa aspek paling menonjol yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pemenuhan pesanan

Pelanggan saat ini mengharapkan waktu pemenuhan pesanan yang cepat. Ini berarti perusahaan memiliki lebih sedikit waktu untuk mengambil, mengemas, dan mengirimkan barang. Pemenuhan pesanan cepat berputar di sekitar kontrol persediaan yang efektif dan operasi gudang. Artinya, jika tujuannya adalah untuk mengurangi waktu pemenuhan pesanan. Oleh karena itu, gudang dan area penyimpanan harus diatur dengan baik dan stok persediaan harus ditempatkan dengan nyaman untuk meningkatkan waktu penyelesaian, mempercepat pengiriman, dan meningkatkan kecepatan pemenuhan pesanan pelanggan.

Menggunakan sistem manajemen persediaan otomatis dapat membantu merampingkan proses pemenuhan. Selain itu, alat analitik membantu mengidentifikasi item yang bergerak cepat dan lambat. Pada gilirannya, bisnis Anda selalu dapat memiliki item best seller yang tersedia untuk menyelesaikan pesanan secara instan sambil mengurangi tingkat stok yang bergerak lambat.

Mencegah kehabisan stok

Salah satu skenario paling mahal yang dapat dilalui bisnis adalah ketika pembeli membeli produk dan kemudian mengetahui bahwa produk tersebut tidak lagi tersedia. Bisnis tidak hanya harus memproses refund, tetapi mereka biasanya menerima ulasan negatif dan kemungkinan penangguhan di pasar.

Itu bukan hanya memberikan pengalaman buruk bagi pelanggan tetapi pukulan besar bagi reputasi bisnis. Jadi, ketika Anda kelebihan stok, Anda memiliki risiko membayar lebih banyak untuk biaya penyimpanan dan Anda mengikat modal yang bisa dihabiskan dengan lebih baik untuk memasarkan bisnis Anda. Ketika Anda memiliki terlalu sedikit stok, Anda menghadapi risiko kehabisan stok dan pelanggan tidak puas. Dan itulah mengapa Anda membutuhkan sistem manajemen persediaan yang baik.

Pengembalian/ Return

Manajemen persediaan membantu bisnis menjaga kepuasan pelanggan dalam hal pengembalian produk. Ketika sebuah produk dikembalikan karena rusak atau mati begitu produk itu tiba, dan masih dalam garansi, dimungkinkan untuk mengatur dengan produsen untuk melakukan pertukaran instan produk / claim tersebut agar pelanggan tetap puas. Tetapi jika Anda adalah produsennya, maka Anda harus mempertahankan tingkat persediaan ekstra yang mencerminkan tingkat return Anda untuk membantu menjaga kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, manajemen persediaan yang efisien juga dapat melakukan keajaiban bagi bisnis Anda dalam hal pengembalian dan cara Anda menghadapinya.

Penetapan harga

Bisnis dengan sistem manajemen persediaan yang dirancang dengan baik dan bekerja dengan lancar selalu mampu mengurangi jumlah waktu produk berada di rak.

Ketika bisnis Anda tidak memiliki persediaan tambahan untuk waktu yang lama, biaya persediaan akan diturunkan. Ini adalah uang simpanan yang dapat diberikan kepada pelanggan dalam bentuk harga yang lebih baik (lebih rendah).

Baca Juga : Cara Mengurangi Antrian Di Toko Untuk Menjaga Keamanan Pelanggan

turboly.com