Pentingnya Sebuah Database Pelanggan

image

Semua pelaku bisnis sepakat bahwa pelanggan merupakan bagian terpenting. Penting untuk mengetahui informasi penting pelanggan mulai dari profile-nya hingga sampai kepada perilaku dalam mereka bertransaksi atau berbelanja. Maka dari itu, membuat database pelanggan dengan baik akan membantu operasional bisnis untuk mengetahui bagaimana memperlakukan pelanggan secara tepat. Lalu apa manfaat jika kita memiliki database pelanggan :

1. Memiliki Data Pasar Potensial

Database yang lengkap dan akurat akan membantu anda untuk menentukan pasar potensial berdasarkan daerah atau segmen tertentu. Dengan kata lain anda dapat menganalisa product yang tepat untuk pembeli yang tepat

2. Mendapatkan Data Pelanggan Tidak Potensial

Apa yang di maksud dengan Pelanggan Tidak Potensial? Nah ini adalah customer yang harus wajib dihindari karena akan membuang waktu, karena customer ini tidak layak untuk di followup apalagi untuk di up selling.

Jadi Jangan membuang waktu anda untuk menjual product ke orang yang salah.Dengan Database yang anda miliki anda akan dapat mengetahui pelanggan mana yang bermasalah dalam proses transaksi

3. Menjaga Komunikasi

Nah ini merupakah hal yang paling penting, setelah memiliki Database pelanggan maka tugas selanjutanya adalah menjalin komunikasi dengan pelanggan secara personal.

Sehingga akan timbul kedekatan antara pelanggan dengan product anda. Inilah yang menjadi kunci agar mereka menjadi loyal terhadap product anda.

4. Peluang Upselling

Nah setelah rutin melakukan komunikasi secara personal kita bisa melakukan upselling, contoh : Dalam Database pelanngan bisa mengatahui product mana saja yang paling banyak di beli oleh pelanggan. Jadi kita bisa memberikan penawaran dalam bentuk promosi kepada pelanggan tersebut.

Memiliki sistem POS Ritel yang bisa membantu untuk pencatatan data pelanggan dan bisa di akses kapan saja, merupakan suatu keuntungan.

Baca Juga : Mengenal 4 Tipe Supplier

turboly.com