Penyebab Kegagalan Bisnis Online Multi Channel

image

ecommerce multi saluran sekarang menjadi kunci bisnis ritel modern. Ecommerce bisnis menjangkau pelanggan baru dan menjual kepada pelanggan di mana dan kapan mereka siap berbelanja. Jika dilakukan dengan benar, ini akan meningkatkan pendapatan dan memaksimalkan margin. Namun, jika dilakukan salah, eCommerce multi saluran berpotensi merugikan bisnis secara finansial dan merusak reputasi di pasar.

Berikut adalah 5 kesalahan paling umum yang dilakukan pengecer saat mereka menjual melalui berbagai saluran.

Kesalahan 1: Memulai tanpa sistem manajemen pesanan multisaluran

Tanpa sistem manajemen pesanan multisaluran, sangatlah sulit untuk terlibat dalam ritel multisaluran yang efektif dan efisien. Mencoba mengelola berbagai jalur pesanan dan pusat distribusi tanpa dapat melihat level stok secara real-time dapat menyebabkan banyak masalah pemenuhan, serta menimbulkan tantangan besar saat mencoba memproses pengembalian, pertukaran, dan pengembalian uang.

Kesalahan 2: Memilih saluran sebelum layanan

Dengan begitu banyak saluran untuk menjual, Anda lebih baik mencakup semuanya, bukan? Salah. Ini sebenarnya adalah cara yang bagus untuk mengurangi penawaran layanan Anda, dengan menghabiskan waktu, uang, dan fokus pada saluran ritel yang tidak akan menunjukkan ROI.

Kesalahan 3: Mengabaikan pengalaman pelanggan

Bisnis tidak ada artinya tanpa pelanggan. Namun, sungguh mengejutkan betapa banyak organisasi yang lupa menempatkan pengalaman pelanggan mereka, dalam perjalanan mereka untuk melakukan pembelian, sebagai inti dari setiap keputusan yang mereka buat. Dan bagaimana dengan menyenangkan pelanggan itu dengan komunikasi yang ramah, pengiriman yang luar biasa dan kemudahan pengembalian? (Karena pengalaman tidak berakhir begitu mereka memutuskan untuk membeli).

Kesalahan 4: Tidak melihat pemenuhan pesanan sebagai prioritas

Jadi, Anda telah berhasil membimbing pelanggan Anda di sepanjang perjalanan mereka untuk membeli, menghasilkan pesanan, pengemasan, dan pengiriman yang berhasil. Bagus sekali - tetapi ini terjadi ketika banyak bisnis melupakan pelanggan mereka dan melanjutkan hidup. Anda seharusnya tidak melakukannya. Masih ada lebih banyak nilai untuk dibuka setelah poin ini.

Kesalahan 5: Tidak menghubungkan penjualan offline ke online (dan sebaliknya)

Meskipun saluran yang berbeda memerlukan pengiriman pesan yang berbeda, tetap penting untuk menghubungkan penjualan offline Anda dengan online - karena (seperti disebutkan di poin empat) pelanggan menggunakan berbagai saluran dalam perjalanan mereka untuk membeli. Jadi, perlu ada kesamaan antara apa yang mereka lihat saat menjelajah, apakah mereka menggunakan aplikasi seluler, memilih dari katalog, atau di toko fisik.

Baca Juga : Manfaat Teknologi Untuk Mendukung Bisnis Ritel

turboly.com