Keuntungan Menjadi Saluran Distribusi bagi Usaha Kecil

image

Bisnis kecil terbatas pada logistik dan modal. Perusahaan distribusi saluran memiliki jaringan yang dapat digunakan oleh bisnis kecil untuk mengirimkan produknya ke pengecer. Keuntungan dari distribusi saluran ke usaha kecil mencakup bantuan keuangan, logistik, dan pemasaran yang akan sulit ditemukan usaha kecil di tempat lain.

Kompetensi inti. Bisnis kecil perlu memfokuskan sumber dayanya pada pengembangan produk dan menghasilkan pendapatan. Menggunakan distribusi saluran memungkinkan bisnis kecil untuk fokus pada kompetensi inti tersebut tanpa harus merekrut personel baru. Distributor saluran khawatir tentang menjaga hubungan dengan pengecer, layanan pelanggan pengguna akhir, pengembalian produk, dan pengiriman produk ke beberapa lokasi.

Jaringan. Salah satu fungsi utama distributor saluran adalah mengembangkan jaringan pengecer yang mencakup area geografis yang luas dan dapat menjangkau sebanyak mungkin end user/ konsumen Ketika sebuah bisnis kecil menggunakan channel distribusi, ia memperoleh akses ke jaringan pengecer ini tanpa harus menghabiskan waktu dan uang untuk mengembangkan hubungan dengan setiap lokasi pengecer.

Efisiensi. Jika sebuah bisnis kecil memutuskan untuk menggunakan sumber daya untuk dijual langsung ke pengguna akhir atau lokasi ritel, itu harus mengembangkan satu jalur kontak untuk setiap pelanggan. Jalur kontak itu akan mencakup penempatan pesanan, pengembalian produk yang rusak, koleksi pembayaran, pertanyaan produk, dan pengembalian produk. Jika ada 1.000 klien, itu berarti 1.000 jalur kontak yang harus dijaga oleh bisnis kecil. Distributor saluran mengurangi garis kontak untuk bisnis kecil menjadi satu dan menyediakan cara yang efisien bagi bisnis kecil untuk memasarkan produk mereka.

Pertumbuhan. Seiring pertumbuhan jaringan distributor saluran, demikian pula eksposur produk usaha kecil. Distributor saluran internasional dapat membantu bisnis kecil menjangkau pasar di seluruh dunia. Bisnis kecil dapat memanfaatkan pengalaman distributor saluran dalam pengiriman internasional dan jaringan pengecer internasional untuk mengembangkan bisnisnya. Dia juga bisa mendapatkan informasi pemasaran dan pengembangan produk dari distributor saluran juga.

Baca Juga : Tips Sukses Menjalankan Bisnis Distribusi Grosir

turboly.com